Aprilianto, Dwi Cahyo (2019) Survei keterampilan teknik dasar bola voli siswa pada ekstrakurikuler bola voli di SMK Negeri 10 malang / Dwi Cahyo Aprilianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Aprilianto Dwi Cahyo. 2019. Survei Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli Siswa Pada Ekstrakurikuler Bolavoli di SMK Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Febrita Paulina Heynoek S.Pd M.Pd (II) Dr. Ari Wibowo Kurniawan M.Pd Kata Kunci keterampilan service passing atas passing bawah. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya prestasi yang diperoleh dalam setiap keikutsertaan event antar SMK/SMA/MA se Malang raya. Berdasarkan observasi wawancara dengan pelatih ekstrakurikuler bolavoli SMK Negeri 10 Malang dan belum adanya data tes keterampilan bolavoli ekstrakurikuler SMK Negeri 10 Malang data tersebut penting bagi pelatih untuk bahan perbaikan dalam melatih siswa peserta ekstrakurikuler bolavoli SMK Negeri 10 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan bermain bolavoli siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 10 Malang. subjek penelitian ini adalah 20 siswa peserta ekstrakurikuler SMK Negeri 10 Malang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan instrumen berupa tes. Teknik pengambilan data menggunakan tes passing atas menggunakan AAHPER face wall volleyball test tes passing bawah menggunakan Brumbach forearms pass volleyball test tes ketepatan servis menggunakan tes ketepatan servis AAHPER. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dari jumlah 20 siswa peserta ekstrakurikuler bolavoli yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan yang mengikuti tes keterampilan bolavoli. Siswa laki-laki SMK Negeri 10 Malang untuk kategori sangat kurang sebanyak 0 siswa atau 0% kategori kurang sebanyak 5 siswa atau 41 7% kategori cukup sebanyak 3 siswa atau 25% kategori baik sebanyak 4 siswa atau sebesar 33 3% kategori sangat baik sebanyak 0 siswa atau 0%. Siswa perempuan untuk kategori sangat kurang sebanyak 0 siswa atau 0% kategori kurang sebanyak 4 siswa atau 50% kategori cukup sebanyak 2 siswa atau 25% kategori baik sebanyak 1 siswa atau sebesar 12 5% kategori sangat baik sebanyak 1 siswa atau 12 5%. Dapat disimpulkan hasil dari tes keterampilan bermain siswa laki-laki menunjukkan sebagian besar kategori kurang 5 siswa atau 41 7%. Hasil dari tes keterampilan bermain siswa perempuan menunjukkan sebagian besar kategori kurang 4 siswa atau 50%. Dengan hasil tersebut pelatih dapat menambah model latihan agar dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar bolavoli.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/87078 |
Actions (login required)
View Item |