Pengaruh latihan metode drill dan metode bermain terhadap keterampilan passing siswa ekstrakurikuler futsal SMK Negeri 4 Malang / Abdul Haris

Haris, Abdul (2020) Pengaruh latihan metode drill dan metode bermain terhadap keterampilan passing siswa ekstrakurikuler futsal SMK Negeri 4 Malang / Abdul Haris. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Haris, Abdul. 2019. Pengaruh Latihan Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Passing Siswa Ekstrakurikuler SMK Negeri 4 Malang. Skripsi, jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing. (I) Usman wahyudi, S.Pd, M.Pd., (II) Dona Sandy Yudasmara, S.Pd, M.Or Kata kunci: metode drill, metode bermain, keterampilan, passing, futsal Permainan futsal adalah salah satu permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim dan setiap tim terdiri dari lima orang pemain. Ada beberapa teknik dasar dalam permainan futsal antara lain dribbling, passing, shooting, dan controlling. Berdasarkan hasil tes keterampilan teknik dasar futsal dapat diketahui bahwa teknik dasar yang memiliki tingkat kesalahan yang paling banyak yaitu keterampilan passing. Hal ini disebabkan karena pelatih jarang memberikan model latihan passing. Salah satu model latihan yang dapat meningkatkan keterampilan passing yaitu dengan memberikan atau menggunakan metode drill. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan metode drill dan metode bermain terhadap keterampilan passing siswa ekstrakurikuler futsal SMK Negeri 4 Malang. Rancangan dalam penelitian yang digunakan berupa penelitian eksperimen yang dilakukan kepada siswa ekstrakurikuler futsal SMK Negeri 4 Malang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 30 siswa dan dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik ordinal pairing matching. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan mengumpan passing bola rendah yang akan diberikan pada siswa ekstrakurikuler futsal SMK Negeri 4 Malang usia 15-18 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Varians (ANAVA) satu jalur. Berdasarkan hasil Analisis Varians (ANAVA) satu jalur pada taraf signifikan 0,05, diperoleh tiga hasil peneltian: (1) ada pengaruh yang signifikan antara model latihan drill dan metode bermain Fhitung 1,20 < Ftabel 4,20, (2) metode drill memberikan perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan passing siswa ekstrakurikuler futsal dengan Thitung -13,484 > Ttabel 2,977, (3) metode bermain memberikan perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan passing siswa ekstrakurikuler futsal dengan Thitung -14,000 > Ttabel 2,977. Dari hasil penelitian dan hasil analisis diperoleh kesimpulan antara lain: (1) ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan passing menggunakan latihan metode drill, (2), ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan passing menggunakan latihan metode bermain (3) ada perbedaan pengaruh yang signifikan keterampilan passing menggunakan latihan metode drill dan metode bermain. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti kepada pelatih atau pembina ekstrakurikuler SMK Negeri 4 Malang, sebaiknya metode drill dilakukan pada saat latihan. Metode ini sudah terbukti memberikan perbedaan pengaruh teknik dasar keterampilan passing siswa ekstrakurikuler dengan berdasarkan hasil Analisis Varians (ANAVA) satu jalur diketahui Thitung -13,484 < Ttabel 2,977, maka terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan. Sehingga metode drilll bisa digunakan sebagai tambahan referensi dalam metode latihan disaat peserta ekstrakurikuler mengalami kebosanan ketika diberikan latihan dengan metode yang sering digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87075

Actions (login required)

View Item View Item