Pengembangan media pembelajran kebugaran jasmani unsur kecepatan berbasis multimedia interaktif kelas VII dan VIII di SMP Negeri 4 Malang / Ahmad Hanif Aqsha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajran kebugaran jasmani unsur kecepatan berbasis multimedia interaktif kelas VII dan VIII di SMP Negeri 4 Malang / Ahmad Hanif Aqsha

Aqsha, Ahmad Hanif (2020) Pengembangan media pembelajran kebugaran jasmani unsur kecepatan berbasis multimedia interaktif kelas VII dan VIII di SMP Negeri 4 Malang / Ahmad Hanif Aqsha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aqsha A. H. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif Kelas VII dan VIII di SMP Negeri 4 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ari Wibowo Kurniawan M.Pd (2) Rama Kurniawan S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani kecepatan. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan bagian terpenting dalam suatu pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan suatu aspek kebugaran jasmani pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan yang bersih dengan aktivitas jasmani untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Kemudian salah satu komponen dari kebugaran jasmani adalah kecepatan. Kecepatan sendiri merupakan kemampuan organisme dalam upaya bergerak dari satu posisi ke posisi lainya dengan sebaik-baiknya dan secepat-cepatnya. Kemudian di SMP Negeri 4 Malang sendiri siswa kurang mendapatkan materi kebugaran jasmani unsur kecepatan di kelas siswa masih banyak mendapatkan materi kebugaran jasmani unsur kecepatan melalui buku dan video. Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran baru untuk guru agar lebih memudahkan guru serta siswa dalam proses belajar dan pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada materi kebugaran jasmani unsur kecepatan berbasis multimedia interaktif. Metode yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan Research and Develompment (R D) dengan menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Lee Owen (2004 93) dan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut 1) analisis kebutuhan 2) desain produk 3) pengembangan produk 4) implementasi produk 5) evaluasi produk. Menggunakan subjek uji coba kolompok kecil berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa kelas VII dan 10 siswa kelas VIII dan subjek uji coba kelompok besar berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas VII dan 30 siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang. Hasil penelitian dan pengembangan ini diperoleh data dari ahli pembelajaran 93% ahli kebugaran jasmani 87% ahli media 91% ahli pengguna kelas VII 83% ahli pengguna kelas VIII 93% uji coba kelompok kecil kelas VII 83% uji coba kelompok kecil kelas VIII 82% uji coba kelompok besar kelas VII 84% uji coba kelompok besar kelas VIII 82%. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran kebugaran jasmani unsur kecepatan berbasis multimedia interaktif ini layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat di jadikan referensi sumber belajar mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi kebugaran jasmani unsur kecepatan untuk tingkat SMP kelas VII dan VIII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87074

Actions (login required)

View Item View Item