Pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani unsur kelincahan berbasis multimedia interaktif di SMA Negeri 1 Turen / Rathomi Indra Firdaus

Firdaus, Rathomi Indra (2020) Pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani unsur kelincahan berbasis multimedia interaktif di SMA Negeri 1 Turen / Rathomi Indra Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Firdaus, R.I. Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia interaktif di SMA Negeri 1 Turen. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ari Wibowo Kurniawan, M.Pd., (II) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: kebugaran Jasmani, kelincahan, multimedia interaktif Salah satu aktivitas fisik yang dapat dilakukan dan dipertahankan bagi setiap individu yaitu kebugaran jasmani. Kelincahan merupakan salah satu unsur yang ada dalam kebugaran jasmani. Sebagai siswa, kelincahan merupakan unsur kebugaran jasmani yang harus dimiliki. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilaksanakan pada tanggal 26 sampai 30 April 2019 di SMA Negeri 1 Turen diperoleh hasil bahwa 99% siswa mendapatkan materi kebugaran jasmani unsur kelincahan dari media berupa lembar kerja siswa dan bahan ajar, 87% siswa belum pernah mendapatkan pembelajaran kebugaran jasmani unsur kelincahan dengan multimedia interaktif, sehingga peneliti berasumsi bahwa siswa membutuhkan multimedia interaktif, dan hanya 13% siswa mendapatkan materi kebugaran jasmani unsur kelincahan dari media berupa video, unit kegitan belajar mandiri dan powerpoint, terdapat 99% LCD di setiap kelas di SMA Negeri 1 Turen. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran yang dapat membantu dan mempermudah guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dalam melaksanakan proses pembelajaran materi kebugaran jasmani unsur kelincahan dengan menggunakan multimedia interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) model pengembangan untuk multimedia yang dikembangan oleh Lee & Owen. Langkah-langkah penelitian ini sebagai berikut: 1) analisis kebutuhan, 2) desain produk, 3) pengembangan produk, 4) implementasi produk, 5) evaluasi produk. Subjek uji coba kelompok kecil ini menggunakan 20 siswa diambil dari 10 siswa kelas X dan 10 siswa kelas XI, sedangkan pada subjek uji coba kelompok besar menggunakan 60 siswa diambil dari 30 siswa kelompok X dan 30 siswa kelas XI. Hasil penelitian dan pengembangan ini diperoleh data dari ahli pembelajaran dengan persentase sebesar 98%, ahli media sebesar 92%, ahli kebugaran jasmani dengan 83%, ahli pengguna guru PJOK kelas X sebesar 79%, ahli pengguna guru PJOK kelas X sebesar 83%, uji coba kelompok kecil kelas X sebesar 82%, uji kelompok kecil kelas XI sebesar 90%, uji coba kelompok besar kelas X sebesar 87%, uji coba kelompok besar kelas XI sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani unsur kelincahan berbasis multimedia interaktif layak digunakan sebagai referensi sumber belajar tambahan pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan terutama pada materi kebugaran jasmani unsur kelincahan tingkat SMA kelas X dan XI. Disarankan produk pengembangan ini dapat digunakan dalam proses mengajar sebelum pembelajaran praktik inti dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87073

Actions (login required)

View Item View Item