Survei kebugaran jasmani peserta didik SMP Insan Terpadu Pakis Kabupaten Malang / Achmad Arifandy

Arifandy, Achmad (2020) Survei kebugaran jasmani peserta didik SMP Insan Terpadu Pakis Kabupaten Malang / Achmad Arifandy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arifandy, Achmad. 2019. “Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMP Insan Terpadu Pakis Kabupaten Malang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd. (II) Usman Wahyudi, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Kebugaran Jasmani, Tes Kebugaran Jasmani Indonesia. Di SMP Insan Terpadu Pakis Kabupaten Malang sangat mudah mengalami kelelahan, karena olaharaga yang dilakukan di SMP Insan Terpadu Pakis Kabupaten Malang ini hanya berfokus pada tekniknya saja, sehingga fisiknya tidak dilatih sama sekali, sangat mudah lelah jika melakukan olahraga dalam jangka waktu lama. Untuk mengatasi masalah tersebut, solusinya penting mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik melalui penelitian dengan judul “Survei Tingkat Kebugaran Jasmani peserta didik SMP Insan Terpadu Pakis Kabupaten Malang”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik SMP Insan Terpadu Pakis Kabupaten Malang dalam kegiatan olahraga, sehingga guru lebih dapat memberikan olahraga yang sesuai dengan tingkat kebugaran jasmani kepada peserta didik SMP Insan Terpadu agar tidak mudah lagi mengalami kelelahan saat berolahraga. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei bentuk deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Insan Terpadu Pakis Kabupaten Malang yang mengikuti semua kegiatan olahraga di SMP Insan Terpadu Pakis Kabupaten Malang yang berjumlah 64 peserta didik. Metode dalam pengumpulan data ini menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Tehnik pengukuran bentuk tes yaitu, data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistika deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data mengggunakan teknik analisis data statistika deskriptif kuantitatif diperoleh tingkat kebugaran jasmani peserta didik SMP Insan Terpadu Pakis Kabupaten Malang termasuk dalam kategori baik 45,31%, dan pada kategori sedang 54,69%. Kesimpulan yang diperoleh dari survei yang dilakukan pada tingkat kebugaran jasmani peserta didik dengan tes TKJI. Peserta didik SMP Insan Terpadu Pakis Kabupaten Malang menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmaninya cenderung dalam kategori sedang. Saran yang diberikan adalah dengan adanya tes kebugaran jasmani peserta didik ini dapat dijadikan tolak ukur bagi guru olahraga SMP Insan Terpadu Pakis Kabupaten Malang untuk menyusun program olahraga yang teratur, sistematis, dan terprogram dan untuk peserta didik SMP Insan Terpadu Pakis Kabupaten Malang dapat meningkatkan kebugarannya menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87072

Actions (login required)

View Item View Item