Pengembangan model pembelajaran kebugaran jasmani dengan modifikasi permainan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Panarukan Kabupaten Situbondo / Gagah Andika Nanda Prayoga

Prayoga, Gagah Andika Nanda (2020) Pengembangan model pembelajaran kebugaran jasmani dengan modifikasi permainan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Panarukan Kabupaten Situbondo / Gagah Andika Nanda Prayoga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prayoga, Gagah Andika Nanda. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Dengan Modifikasi Permainan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Panarukan Kabupaten Situbondo . Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd., M.Pd., (II) Dona Sandy Y, S.Pd., M.Or. Kata Kunci: Pembelajaran kebugaran jasmani, modifikasi permainan, model pembelajaran. Pembelajaran kebugaran jasmani yang dilakukan di SMPN 3 Panarukan kurang efektif dan efesien. Hal itu dikarenakan model pembelajaran yang di terapkan guru kurang tepat, sehingga antusias siswa berkurang dibandingkan pembelajaran bola besar. Dalam hasil wawancara dan penyebaran angket pada siswa mendapat hasil bahwa telah dilaksanakan pembelajaran kebugaran jasmani. tetapi dalam pembelajaran kebugaran mengalami penurunan antusiasme siswa berisar 40%. Dengan adanya masalah tersebut, peneliti memutuskan untuk membuat produk modifikasi permainan dalam pembelajaran guna menjadikan pembelajaran kebugaran jasmani lebih efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran kebugaran jasmani dengan menggunakan modifikasi permainan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Panarukan diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana pendukung guru dalam memberikan mata pelajaran kebugaran jasmani. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan research & development (R&D) menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1983:775) dengan 10 langkah penelitian dan pengembangan. sedangkan yang akan digunakan dalam penelitian ini hanya 7 langkah yaitu, 1) penelitian awal, 2) mengembangkan produk awal, 3) evaluasi produk oleh para ahli, 4) uji coba kelompok kecil, 5) revisi produk awal, 6) uji coba kelopok besar, 7) revisi produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk berupa 6 modifikasi permainan yang mengandung unsur kebugaran jasmani kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi yang dikemas dalam video. Dari modifiksi permainan yang dihasilkan siswa sangat senang dan atusias saat mengikuti pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan modifikasi permainan. Kesimpulan dan saran dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk yang berupa model pembelajaran kebugaran jasmani dengan modifikasi permainan. Sebelum disebarluaskan sebaiknya produk ini divalidasikan kembali dan disesuaikan dengan kondisi sasaran yang ingin dituju. Saran peneliti dalam pengembangan penelitian ini dalam menuju kearah lebih lanjut. Sebaiknya dapat dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas dari produk yang dikembangkan ini, karena hasil dari pengembangan ini masih terbatas sampai tersusunnya sebuah produk saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87069

Actions (login required)

View Item View Item