Survei pembinaan ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri se-kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Winda Putri Adiningtyas

Adiningtyas, Winda Putri (2020) Survei pembinaan ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri se-kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Winda Putri Adiningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Adiningtyas, Winda P. 2019. Survei Pembinaan Ekstrakurikuler Bolabasket di SMA Negeri Se-Kecamatan Lowokwaru. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Agus Tomi, M.Pd, (2) Dona Sandy Yudasmara, S.Pd., M.Or. Kata kunci: pembinaan, ekstrakurikuler, dan bolabasket. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pembinaan ekstrakurikuler bolabasket yang ada di SMA Negeri se-Kecamatan Lowokwaru. Hanya ada satu SMA Negeri yang mempunyai prestasi yang baik dalam bidang bolabasket yaitu SMA Negeri 8 Malang, sedangkan di SMA Negeri 7 Malang dan SMA Negeri 9 Malang masih belum ada prestasi dalam bidang bolabasket. Sehingga peneliti ingin mengetahui pembinaan ekstrakurikuler bolabasket yang ada di SMA Negeri se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, dilihat dari sarana dan prasarana yang digunakan untuk proses berjalannya ekstrakurikuler bolabasket, program latihan yang diterapkan oleh pelatih, prestasi tiga tahun terakhir yang didapatkan, dan perhatian lembaga sekolah pada saat berjalannya ektrakurikuler bolabasket maupun pada saat adanya pertandingan. Berdasarkan rumusan masalah yang telah dipaparkan oleh peneliti, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembinaan ekstrakurikuler bolabasket yang ada di SMA Negeri se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler SMA Negeri se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan ekstrakurikuler bolabasket di SMA Negeri 7 Malang memiliki persentase sebesar 46,88%, SMA Negeri 8 Malang memiliki persentase sebesar 92,01%, SMA Negeri 9 Malang memiliki persentase sebesar 49,93%. Hasil dari analisis data pelatih ekstrakurikuler bolabasket di SMA Negeri se-Kecamatan Lowokwaru memiliki persentase sebesar 53,67%. Kesimpulan penelitian ini adalah SMAN 7 Malang dan SMA 9 Malang pembinaan ekstrakurikuler di bidang bola basket termasuk kategori cukup, dan SMAN 8 Malang termasuk kategori sangat baik. Hal ini berdasarkan analisis data per indikator yaitu sarana dan prasarana, program latihan, prestasi, dan lembaga sekolah. Dari data per indikator tersebut sehingga dapat diketahui pembinaan ekstrakurikuler bolabasket melalui keseluruhan peserta dan pelatih yang ada di SMA Negeri se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dapat dikategorikan cukup. Saran, dalam pelaksanaan pembinaan ekstrakurikuler bolabasket, hendaknya pihak sekolah tetap memperhatikan kebutuhan pelaksanaan pembinaan dan kesejahteraan pelatih yang sudah baik dan berusaha meningkatkannya agar menjadi lebih baik dengan meningkatkan semangat kinerja dari seluruh komponen yang terlibat dalam kegiatan pembinaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87067

Actions (login required)

View Item View Item