Pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani unsur kelincahan berbasis multimedia interaktif di SMP 4 Malang / Muhammad Ghazali Arief

Arief, Muhammad Ghazali (2020) Pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani unsur kelincahan berbasis multimedia interaktif di SMP 4 Malang / Muhammad Ghazali Arief. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arief, Muhammad G. 2019. Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif di SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari Wibowo Kurniawan, M.Pd. (II) Rama Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, kelincahan, multimedia interaktif. Pelaksanaan pembelajaran materi kebugaran jasmani unsur kelincahan di sekolah tergolong masih monoton, dimana guru masih menjadi sumber belajar satu-satunya. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti menggunakan penyebaran angket dengan subjek 100 siswa di SMP Negeri 4 Malang diperoleh hasil bahwa 98% siswa pernah memperoleh materi kebugaran jasmani unsur kelincahan dari buku ajar dan lembar kerja siswa. Sedangkan 48% siswa belum pernah mendapatkan materi kebugaran jasmani unsur kelincahan melalui multimedia interaktif. Hasil lain menunjukkan bahwa terdapat 52% siswa yang mendapatkan materi kebugaran jasmani unsur kelincahan dari video dan power point (PPT). Dengan kemajuan teknologi, seharusnya guru dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran yaitu salah satunya dengan menggunakan multimedia interaktif agar tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan optimal. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan pembelajaran kebugaran jasmani unsur kelincahan berbasis multimedia interaktif di SMP Negeri 4 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu menggunakan model Reseach and Development (R&D) dengan Lee & Owen. Menggunakan subjek uji coba kelompok kecil 10 siswa-siswi kelas VII dan 10 siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Dan subjek uji coba kelompok besar terdiri dari 30 siswa-siswi kelas VII dan 30 siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari ahli pembelajaran dengan persentase 93%, ahli kebugaran jasmani dengan persentase 91%, ahli media dengan persentase 90%, uji coba kelompok kecil 10 siswa kelas VII dengan persentase 89% , uji coba kelompok kecil 10 siswa kelas VIII dengan persentase 88%, uji coba kelompok besar 30 siswa kelas VII dengan persentase 88%, dan uji coba kelompok besar 30 siswa kelas VIII dengan persentase 90%. Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani unsur kelincahan berbasis multimedia interaktif di SMP Negeri 4 Malang layak digunakan dan sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Disarankan penggunaan produk hanya untuk pembelajaran kebugaran jasmani unsur kelincahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87065

Actions (login required)

View Item View Item