Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMA, MA, dan SMK Negeri Kota Kediri / Titus Saputro

Saputro, Titus (2020) Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMA, MA, dan SMK Negeri Kota Kediri / Titus Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Saputro, Titus. 2019. Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di SMA, MA dan SMK Negeri Kota Kediri. Skripsi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ari Wibowo Kurniawan, M.Pd. Pembimbing: (II) Dona Sandy Y, S.Pd, M.Or. Kata Kunci : sarana, prasarana, pendidikan jasmani Pendidikan Jasmani memiliki peran penting dalam proses pembelajaran dan ketersediaan jumlah sarana dan prasarana pendidikan jasmani berpengaruh pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan karena kurang lengkapnya sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di SMA, MA dan SMK Negeri kota Kediri. Berdasarkan observasi belum adanya data ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, data tersebut penting bagi guru Pendidikan Jasmani untuk mengetahui kelengkapan sarana dan prasarana guna mencapai tujuan pembelajaran yang kondusif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA, MA dan SMK Negeri Kota Kediri. Subjek penelitian ini adalah 8 sekolah dan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan berbentuk survei. Teknik pengambilan data menggunakan alat bantu instrumen berupa angket dilengkapi dengan petunjuk pelaksanaan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, sarana Pendidikan Jasmani di SMA, MA, SMK Negeri Kota Kediri yaitu peralatan bolavoli bola yang dikatakan layak sebanyak 7 sekolah (87,5%) dan dikatakan kurang layak sebanyak 1 sekolah (12,5%). Peralatan sepakbola bola yang dikatakan layak sebanyak 6 sekolah (75%) dan dikatakan kurang layak sebanyak 2 sekolah (25%). Peralatan bolabasket bola yang dikatakan layak sebanyak 8 sekolah (100%) dan dikatakan kurang layak sebanyak 0 sekolah (0%). Peralatan senam alat yang dikatakan layak sebanyak 8 sekolah (100%) dan dikatakan kurang layak sebanyak 0 sekolah (0%). Peralatan atletik alat yang dikatakan layak sebanyak 8 sekolah (100%) dan dikatakan kurang layak sebanyak 0 sekolah (0%). Dan untuk hasil prasarana luas taman bermain/berolahraga dikatakan layak sebanyak 2 sekolah (25%) dan dikatakan kurang layak 6 sekolah (75%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk sarana Pendidikan Jasmani dan Olahraga dikatakan layak dan untuk prasarana Pendidikan Jasmani dan Olahraga dikatakan kurang layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87064

Actions (login required)

View Item View Item