Pengembangan perangkat pembelajaran model discovery learning materi gerak lokomotor kelas rendah sekolah dasar di Kabupaten Pasuruan / Hamzah

Hamzah (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran model discovery learning materi gerak lokomotor kelas rendah sekolah dasar di Kabupaten Pasuruan / Hamzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hamzah. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Materi Gerak Lokomotor Kelas Rendah Sekolah Dasar di Kabupaten Pasuruan.Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd., M.Pd (II) Rama Kurniawan, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: pengembangan, RPP, bahan ajar, panduan monitoring evaluasi, SD Dalam memajukan sistem pendidikan nasional diciptakanlah berbagai model pembelajaran yang mengacu pada Kurikulum 2013 sebagai salah satu jalan untuk menjadi inovasi pemerintah. Adapun lingkup 3 model pembelajaran tersebut adalah Problem Based Learning, Project Based Learning, serta Discovery Learning. Dalam studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di Sekolah Dasar Daerah Kabupaten Pasuruan masih banyak menemukan penggunaan perangkat pembelajaran yang masih belum sesuai fungsi awalnya melainkan hanya sebagai persyaratan administratif sekolah dan lebih condong menggunakan buku pegangan dalam pelaksanaan pembelajaran. Disini peneliti ingin mengembangkan perangkat pembelajaran Discovery Learning sebagai kemajuan dalam model mengajar pendidik dengan berbasiskan kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model pembelajaran Discovery Learning untuk pembelajaran PJOK SD di Kabupaten Pasuruan. Peneliti menggunakan model penelitian pengembangan dengan pendekatan Research and Development (R&D) berdasarkan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1989). Menurut penelitian model yang dikembangkan Borg and Gall memiliki 10 langkah–langkah, tetapi peneliti hanya menggunakan 7 langkah seperti: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif . Hasil dari penelitian dan pengembangan model pembelajaran Discovery Learning untuk sekolah dasar menghasilkan produk dengan spesifikasi sebagai berikut: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) bahan ajar materi lokomotor, (3) panduan monitoring dan evaluasi (Monev). Hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh hasil: (1) hasil uji coba kelompok kecil (81 %), (2) hasil uji coba kelompok besar (84 %) Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, di dalam Kurikulum 2013 model pembelajaran Discovery Learning yang dikembangkan peneliti berupa RPP, bahan ajar, dan panduan Monev cukup valid dalam pelaksanaannya di tingkat pendidikan sekolah dasar dengan 3 macam produk sebagai acuan bahan belajar dan siap diimplementasikan dalam pembelajaran PJOK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87063

Actions (login required)

View Item View Item