Pengembangan media kebugaran jasmani unsur kekuatan berbasis multimedia interaktif pada siswa SMP Negeri 4 Malang / Novan Arzani Mukhlis

Mukhlis, Novan Arzani (2020) Pengembangan media kebugaran jasmani unsur kekuatan berbasis multimedia interaktif pada siswa SMP Negeri 4 Malang / Novan Arzani Mukhlis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mukhlis, N. A. 2019. Pengembangan Media Kebugaran Jasmani Unsur Kekuatan Berbasis Multimedia Interaktif Pada Siswa di SMP Negeri 4 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari Wibowo Kurniawan, M.Pd (II) Rama Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, kekuatan, multimedia interaktif. Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 4 Malang masih menggunakan buku sebagai panduan dalam memberikan materi pembelajaran kebugaran jasmani khususnya unsur kekuatan. Kemudian dalam materi kebugaran jasmani unsur kekuatan masih berupa latihan dasar sehingga siswa kurang antusias dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media materi kebugaran jasmani unsur kekuatan yang berbentuk multimedia interaktif berupa aplikasi autoplay media studio. Metode yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan Research and Develompment (R&D) dengan menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Lee & Owen (2004:93) dan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Analisis kebutuhan, 2) Desain produk, 3) Pengembangan produk, 4) Implementasi produk, 5) Evaluasi produk. Menggunakan subjek uji coba kolompok kecil berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa kelas VII dan 10 siswa kelas VIII, dan subjek uji coba kelompok besar berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas VII dan 30 siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang. Berdasarkan hasil yang telah didapat oleh peneliti, siswa kelas VII dan kelas VIII menilai produk yang telah di coba. Menurut hasil uji coba kecil yang didapat, siswa kelas VII menghasilkan 88% yang berarti produk tersebut masuk kategori “sangat valid” dan kelas VIII menghasilkan 88% yang berarti produk tersebut masuk kategori “sangat valid”. Kemudian menurut hasil uji coba besar yang didapat, siswa kelas VII menghasilkan 87% yang berarti produk tersebut masuk dalam kategori “sangat valid” dan siswa kelas VIII menghasilkan 91% yang berarti produk tersebut juga masuk dalam kategori “sangat valid”. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar baru pendidikan jasmani dan kesehatan materi kebugaran jasmani unsur kekuatan bagi siswa SMP kelas VII dan VIII yang di kemas dalam bentuk multimedia interaktif. Produk pengembangan ini berisikan 8 materi latihan kebugaran jasmani unsur kekuatan yang di kemas dalam bentuk permainan dan variasi-variasi permainan dalam produk ini diharapkan bisa memudahkan serta membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87057

Actions (login required)

View Item View Item