Pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani unsur kecepatan berbasis multimedia interaktif di SMA Negeri 1 Turen / Zainal Rahman

Rahman, Zainal (2020) Pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani unsur kecepatan berbasis multimedia interaktif di SMA Negeri 1 Turen / Zainal Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahman, Z. 2019. Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif di SMA Negeri 1 Turen. Skirpsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ari Wibowo Kurniawan, M.Pd., (2) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pembelajaran, kebugaran jasmani, unsur kecepatan, multimedia interaktif. Kebugaran jasmani pada umumnya sangat erat kaitannya berhubungan dengan aktivitas fisik. Salah satu komponen kebugaran jasmani adalah unsur kecepatan. Materi kebugaran jasmani bertujuan agar peserta didik memiliki tubuh yang sehat dan bugar, berdasarkan data analisis kebutuhan di SMA Negeri 1 Turen diperoleh data bahwa 98% peserta didik mendapatkan materi kebugaran jasmani unsur kecepatan dari media berupa lembar kerja siswa dan bahan ajar, 85% peserta didik belum pernah mendapatkan pembelajaran kebugaran jasmani unsur kecepatan dengan multimedia interaktif, sehingga peneliti berasumsi bahwa peserta didik dalam pembelajaran materi kebugaran jasmani unsur kecepatan peserta didik membutuhkan multimedia interaktif, dan hanya 15% peserta didik mendapatkan materi kebugaran jasmani unsur kecepatan dari media berupa video, unit kegiatan belajar mandiri dan powerpoint. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran kebugaran jasmani pada unsur kecepatan dalam bentuk multimedia interaktif berupa autoplay media studio. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan menurut Lee and Owen (2004:93) dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: 1) analisis kebutuhan, 2) melakukan design atau desain produk, 3) development atau pengembangan produk, 4) implementation atau pelaksanaan, 5) evaluation atau evaluasi produk. Subjek uji coba kelompok kecil sejumlah 20 siswa dan subjek kelompok besar sejumlah 60 siswa yang terdiri dari kelas X dan kelas XI di SMA Negeri 1 Turen. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari ahli pembelajaran dengan persentase sebesar 95%, ahli kebugaran jasmani dengan persentase sebesar 93%, ahli media dengan persentase sebesar 91%, uji coba kelompok kecil kelas X dengan persentase sebesar 88%, uji coba kelompok kecil kelas XI dengan persentase sebesar 78%, uji coba kelompok besar kelas X dengan persentase sebesar 88%, uji coba kelompok besar kelas XI dengan persentase sebesar 83%. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani unsur kecepatan berbasis multimedia interaktif “layak digunakan” untuk pembelajaran di SMA Negeri 1 Turen. Disarankan dalam pembelajaran kebugaran jasmani unsur kecepatan berbasis multimedia interaktif ini hanya digunakan pada materi kelas sebelum melakukan pembelajaran praktik kegiatan inti pada pembelajaran kebugaran jasmani unsur kecepatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87056

Actions (login required)

View Item View Item