Romanda, Sena Adji (2019) Upaya meningkatkan minat belajar siswa pada materi teori bola besar mata pelajaran pendidikan jasmani dengan media teknologi di kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Sena Adji Romanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Romanda S. A. 2019. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Materi Teori Bola Besar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kelas VIII SMP Negeri 9 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasamni dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang Pembimbing Usman Wahyudi S.Pd. M.Pd dan Dona Sandy Yudasmara. S.Pd. M.Or Kata Kunci Minat belajar media teknologi dan pembelajaran bola besar. Pembelajaran pendidikan jasmani pada materi bola besar terdiri dari praktik dan pengetahuan akan tetapi yang terjadi di lapangan siswa seakan mengesampingkan ilmu pengetahuan tersebut dan sering menganggap bahwa pembelajaran pendidikan jasmani hanya tentang belajar gerak dan bermain. Sehingga pembelajaran pendidikan jasmani dilakukan di dalam kelas banyak siswa yang meremehkan dan terlihat tidak tertarik untuk belajar. Hal ini dikarenakan pada saat pembelajaran materi bola besar didapatkan bahwa metode pembelajaran konvensional masih sangat mendominasi. guru memberikan teori kepada siswa menggunakan cara-cara lama yang membuat siswa bosan dan merasa pembelajaran tidak lagi menarik serta penggunaan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan pelaksanaan pada saat proses pembelajaran yang tidak sesuai dan tidak seimbang seperti guru hanya memberikan praktik dan permainan saja. Sejalan dengan hal tersebut dalam kegiatan pembelajaran peran teknologi memudahkan dalam kegiatan pembelajaran. Berbagai media bahan ajar metode pembelajaran sampai kepada kegiatan proses pembelajaran teknologi telah membawa dampak yang sangat baik yang dapat memecahkan masalah pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa materi teori bola besar pada mata pelajaran pendidikan jasmani kelas VIII SMP Negeri 9 Malang menggunakan media berbasis teknologi. Maka dari itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh melalui observasi angket dan dokumentasi. Hasil angket minat belajar siswa pada siklus I persentase minat siswa adalah 79% yang termasuk dalam kategori baik. Kemudian pada Siklus II mengalami peningkatan sebesar 16% sehingga persentase minat belajar siswa pada siklus II yaitu 95% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan paparan data hasil angket minat belajar siklus I dan siklus II penerapan pembelajaran menggunakan teknologi materi teori bola besar saat dilaksanankan di dalam kelas mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dengan kategori baik dibandingkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/87051 |
Actions (login required)
View Item |