Pengaruh metode Alissa terhadap kemampuan motorik kasar pada anak prasekolah usia 4-6 tahun di TK Dian Agung Kota Malang / Ayu Agustina Tri Ananda

Ananda, Ayu Agustina Tri (2019) Pengaruh metode Alissa terhadap kemampuan motorik kasar pada anak prasekolah usia 4-6 tahun di TK Dian Agung Kota Malang / Ayu Agustina Tri Ananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ananda, Ayu Agustina Tri. 2019. Efektivitas Metode Alissa dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun di TK Dian Agung Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Fahrial Amiq, S.Or, M.Pd, (II) Dona Sandy Yudasmara, S.Pd, M.Or. Kata Kunci: Metode Alissa, motorik kasar, anak prasekolah Usia prasekolah merupakan periode penting dalam tahap tumbuh kembang anak. Periode ini disebut sebagai usia emas (Golden Age), karena pada saat ini anak memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang. Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia prasekolah dapat di stimulasi dengan berbagai metode dan permainan, misalnya permainan estafet, halang rintang, injak ekor, gobak sodor, bakiak, dan metode Alissa. Metode Alissa adalah metode yang berusaha mengkombinasikan fungsi otak dan otot. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas metode Alissa dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak prasekolah usia 4-6 tahun di TK Dian Agung Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Alissa dengan rancangan penelitian eksperimen semu dan rancangan penelitian satu kelompok pretest posttest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa TK Dian Agung Kota Malang. Populasi terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa, sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa yang berusia 4-6 tahun yang berjumlah 18 siswa. Hasil deskripsi data pretest Metode Alissa dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun Di TK Dian Agung Kota Malang dengan subjek yang digunakan sejumlah 18 anak didapatkan rata-rata hitung sebesar 8,67, sedangkan untuk simpangan baku (SD) sebesar 1.085, nilai minimal 6 dan nilai maksimal 10. Sedangkan data posttest gerak motorik kasar pada anak prasekolah usia 4-6 tahun didapatkan nilai rata-rata hitung sebesar 10,22, simpangan baku (SD) sebesar 1.114, nilai minimal 8 dan nilai maksimal 12. Dari nilai rata-rata pretest dan posttest dapat diketahui terjadi peningkatan gerak motorik pada anak prasekolah usia 4-6 tahun. Berdasarkan pengujian hipotesis dan pembahasan dalam penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa metode Alissa dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Prasekolah Usia 4-6 tahun di TK Dian Agung Kota Malang berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan gerak motorik pada anak prasekolah usia 4-6 tahun. Terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest terhadap kemampuan gerak motorik pada anak prasekolah usia 4-6 tahun di TK Dian Agung Kota Malang. Saran bagi kepala sekolah TK Dian Agung Kota Malang perlu memberi dukungan upaya yang dilakukan pendidik dalam menggunakan kegiatan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak prasekolah usia 4-6 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87049

Actions (login required)

View Item View Item