Peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli mini melalui permainan bola gantung pada siswa kelas V SDN Pisang Candi 2 kota Malang / Ana Zamzamul Novita

Novita, Ana Zamzamul (2019) Peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli mini melalui permainan bola gantung pada siswa kelas V SDN Pisang Candi 2 kota Malang / Ana Zamzamul Novita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ana, Novita. 2019 “PeningkatanHasilBelajar Passing BawahBolavoli Mini MelaluiPermainan Bola GantungPadaSiswaKelas V SDN PisangCandi 2 Kota Malang. Skripsi, JurusanPendidikanJasmani Dan Kesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan,UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. TatokSugiarto, S.Pd.,M.Pd. (II) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd,. M.Pd.” Kata Kunci: Passing Bawah, Bola Voli Mini, Bola Gantung. Di SDN Pisang Candi 2 Kota Malang dalam pembelajaran keterampilan permainan bolavoli minikurangtepatkarena guru terlalubanyakmenggunakanpembelajarandenganmetodeceramahbahkanpesertabelajartidakmempunyaikesempatanmenyentuh bola,padahalmateri yang di ajarkanadalahketerampilanpassingbawah, sehingga setiap pembelajaran dampaknyakurangefektif. Untukmengatasimasalahtersebut, perluadanyamodel pembelajaran yang lain yaitudengancarameningkatkanpassingbawahbolavoli mini melaluipermainan bola gantungpadasiswa. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarpassing bawahPermainanBolavoli mini melaluipermainan Bola GantunguntukSiswiKelas V SDN PisangCandi 2 Kota Malang. Metodepenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahjenisPenelitianTindakanKelas (PTK)denganmenerapkan model siklus I yang setiapsiklusnyaterdiridariobsrvasiawal, perencanaantindakan, jumlahtindakandanobservasisertarefleksi. Dalamsubjekpenelitianiniadalahsiswakelas V SDN PisangCandi 2 Kota Malang yang berjumlah 35 siswaputradanputri. Hasilanalisis data dapatdilihatbahwaketuntasansiswapadaobservasiawalrendahyaitusekitar 11 siswadenganpersentase 31% sedangkansiswa yang tidaktuntasberkisar 24 siswadenganpersentase 69%. Setelahadatindakanpermainan bola gantungpadasiklus I, siswa yang tuntasnaikmenjadi 17 siswadenganpersentasesiswa 48% sedangkansiswa yang tidaktuntasada 18 siswadenganpersentase 53%. Terakhir, padasiklus II siswa yang tuntasnaikmenjadi 20 siswadenganpersentase 57% sedangkansiswa yang tidaktuntasberjumlah 15 siswadenganpersentase 43%. Kesimpulan yang diperolehdaripenelitianmenunjukkanbahwamelaluipermainan bola voli mini denganmenggantung bola dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Saran yang diberikandenganadanyapenelitianinidapatdijadikantolakukurbagi guru untukdapatdigunakansebagaimetodepilihandalampembelajaranpassingbawahuntukmeningkatkankemampuansiswa agar supayalebihbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87047

Actions (login required)

View Item View Item