Unnisa, Nimas Ayu Syifa' (2019) Upaya peningkatan kemampuan berjalan mandiri dan sensomotorik melalui permainan kerincing estafet pada peserta didik tunanetra di SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang / Nimas ayu Syifa' Unnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Unnisa Nimas Ayu Syifa . 2019. Upaya Peningkatan Kemampuan Berjalan Mandiri dan Sensomotorik Melalui Permainan Kerincing Estafet pada Peserta Didik Tunanetra di SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Tomi M.Pd. (II) Drs. Oni Bagus Januarto M.Kes. Kata Kunci peningkatan berjalan mandiri sensomotorik tunanetra permainan kerincing estafet Kemampuan berjalan mandiri dan sensomotorik merupakan kedua aspek yang sangat berpengaruh terhadap kemandirian peserta didik tunanetra. Berdasarkan hasil observasi awal di SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang masih banyak peserta didik tunanetra yang mengalami kesulitan berjalan mandiri dan memiliki kemampuan sensomotorik yang rendah ditunjukkan dengan rata-rata kemampuan mereka pada tes A hanya 27 08% pada tes B 35% pada tes C 51 25% pada tes D 36 25% pada tes E 45% dan pada tes F 36 25%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berjalan mandiri dan sensomotorik peserta didik tunanetra di SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang dengan menggunakan permainan kerincing estafet. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus siklus 1 berlangsung selama 4 kali pertemuan dan siklus 2 berlangsung selama 3 kali pertemuan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 8 peserta didik tunanetra yang tergolong buta di SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siklus kemampuan berjalan mandiri dan sensomotorik peserta didik telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal tersebut terlihat dari hasil tindakan pada siklus 1 rata-rata peserta didik sudah memperoleh keberhasilan 62 5% pada tes A 60% pada tes B 82 5% pada tes C 61 25% pada tes D 67 5% pada tes E dan 60% pada tes F . Kemudian meningkat pada siklus 2 dengan rata-rata keberhasilan 93 75% pada tes A 83 75% pada tes B 98 75% pada tes C 82 5% pada tes D 88 75% pada tes E dan 83 75% pada tes F . Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode permainan kerincing estafet dapat meningkatkan kemampuan berjalan mandiri dan sensomotorik peserta didik tunanetra di SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang dibuktikan dengan data pada tes A sampai dengan tes F yang sebelumnya masuk dalam kategori kurang meningkat menjadi kategori sangat baik. Bagi guru pendidikan jasmani adaptif penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengajar dan meningkatkan kemampuan berjalan mandiri serta sensomotorik peserta didik tunanetra dengan menggunakan permainan kerincing estafet.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/87046 |
Actions (login required)
View Item |