Pengaruh metode small sides games dan metode drill terhadap hasil belajar passing futsal siswa ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 7 Malang / Iman Nuyung Fambudi

Fambudi, Iman Nuyung (2019) Pengaruh metode small sides games dan metode drill terhadap hasil belajar passing futsal siswa ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 7 Malang / Iman Nuyung Fambudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fambudi, Buyung Iman. 2019. Pengaruh Metode Small Sides Games dan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Passing Futsal Siswa Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Pembimbing: Drs. Agus Tomi, M.Pd, Gema Fitriady, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran, Hasil Belajar, Passing, Futsal Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada saat melakukan wawancara kepada pembina futsal dan game futsal diketahui kemampuan teknik dasar futsal peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 7 Malang.Teknik dasar passing masih banyak mengalami kesalahan karena masih banyak siswa yang belum mampu melakukan passing secara tepat. Berdasarkan perhitungan hasil tes awal passing futsal pada siswa ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 7 Malang, siswa memperoleh nilai dengan persentase 42,6% melaksanakan tes awal passing dengan berhasil dan sebanyak 57,4% melakukan tes awal passing belum berhasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh metode small sided games terhadap hasil belajarpassing, pengaruh metode drillterhadap hasil belajar passing, dan perbedaan pengaruh antara metode drill dan metode small sided games terhadap hasil belajar passing pada siswa ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri 7 Malang. Rancangan penelitian ini adalah eksperimental two group pre test post testdesign. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Pembagian kelompok menggunakan teknik ordinal pairing matching masing-masing kelompok berjumlah 15 orang, yaitu kelompok latihan menggunakan metode small sides games dan metode drill. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik bentuk tes passing futsal, teknik eksperimen (treatment), dan teknik observasi. Analisis data menggunakan analisis varians satu jalur (one way anova) dan data di analisis dengan menggunakan SPSS for windows versi 23. Berdasarkan hasil analisis varian satu jalur (one ay anova) tes awal (pretest) dengan tes akhir (posttest) ketrampilan hasil belajar passing futsal masing-masing kelompok diperoleh hasil Fhitung 0,318 >F_(tabel 0,05 )4,20, tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara peningkatan hasil belajar kelompok pembelajaran metode small sides gamesdan peningkatan hasil belajar kelompok drill pada siswa ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 7 Malang. Kesimpulan dari peneliti ini adalah tidak ada pengaruh yang signifikan antara peningkatan hasil belajar kelompok latihan metode small sides games dan peningkatan hasil belajar kelompok drill. Saran dan masukan yang dapat dipertimbangkan bagi pembina ekstrakurikuler,metode small sides games dan drill dapat dimaksimalkan untuk dapat meningkatkan hasil belajar passing futsal dalam proses pembelajaran futsal pada siswa ekstrakuriukuler SMA Negeri 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87041

Actions (login required)

View Item View Item