Efektivitas penilaian online dan konvensional pada ranah kognitif dalam pembelajaran PJOK kelas X SMAN se-Kabupaten Trenggalek / Faisal Haris Hidayanto

Hidayanto, Faisal Haris (2019) Efektivitas penilaian online dan konvensional pada ranah kognitif dalam pembelajaran PJOK kelas X SMAN se-Kabupaten Trenggalek / Faisal Haris Hidayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayanto, Faisal Haris. 2019. Efektivitas Penilaian Online dan Konvensional pada Ranah Kognitif dalam Pembelajaran PJOK Kelas X SMAN se- Kabupaten Trenggalek. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sugiyanto, M.Pd., (II) Gema Fitriady, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: penilaian online, penilaian konvensional, ranah kognitif, PJOK Penilaian merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Pada pembelajaran PJOK, salah satu sasaran atau aspek penilaian hasil belajar adalah pada ranah kognitif. Dalam penelitian terdahulu telah dikembangkan sistem penilaian pada ranah kognitif dalam pembelajaran PJOK kelas X berbasis online. Akan tetapi penelitian terdahulu belum didiseminasi dan belum diuji keefektivitasannya. Penelitian ini bertujuan untuk melanjutkan penelitian terdahulu dengan menyebarluaskan penilaian secara online. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas penilaian online dan konvensional pada ranah kognitif dalam pembelajaran PJOK kelas X SMAN se-Kabupaten Trenggalek. Untuk mengetahui keefektivitasannya dapat dilihat dari kriteria menyusun sebuah instrumen tes. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen one gruop posttest-only design. Guru harus melakukan penilaian secara online dan konvensional menggunakan soal berbentuk multiple-choice dari peneliti terdahulu. Setelah itu, guru diberi angket tentang efektivitas penilaian online dan konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket terstruktur tertutup dengan skala Likert. Penelitian ini hanya difokuskan pada guru PJOK kelas X saja. Total populasi dalam penelitian ini sebanyak 14 orang dari 12 sekolah, sehingga akan diambil semua. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan persentase dan uji beda menggunakan paired sample t-test. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu: (1) penilaian online memperoleh persentase total sebesar 94% yang termasuk dalam kategori sangat efektif, (2) penilaian konvensional memperoleh persentase total sebesar 74% yang termasuk dalam kategori efektif, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara penilaian online dan konvensional pada ranah kognitif dalam pembelajaran PJOK kelas X SMAN se-Kabupaten Trenggalek dengan hasil sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05, yang artinya hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penilaian online lebih efektif digunakan oleh guru daripada penilaian konvensional dalam pembelajaran PJOK kelas X SMAN se-Kabupaten Trenggalek. Saran yang dapat diberikan kepada guru PJOK kelas X SMAN se-Kabupaten Trenggalek, sebaiknya para guru segera menerapkan penilaian online dalam pembelajaran PJOK, khususnya dalam hal penilaian hasil belajar, karena penilaian online lebih efektif digunakan daripada penilaian konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87039

Actions (login required)

View Item View Item