Pengembangan media pembelajaran materi bulutangkis berbasis multimedia interaktif untuk peserta didik kelas X SMK Negeri 11 Malang / Yoga Okta Tri Wirawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran materi bulutangkis berbasis multimedia interaktif untuk peserta didik kelas X SMK Negeri 11 Malang / Yoga Okta Tri Wirawan

Wirawan, Yoga Okta Tri (2019) Pengembangan media pembelajaran materi bulutangkis berbasis multimedia interaktif untuk peserta didik kelas X SMK Negeri 11 Malang / Yoga Okta Tri Wirawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Okta Tri Wirawan Yoga. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bulutangkis Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 11 Malang. Skripsi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. (II) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd. M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran multimedia interaktif bulutangkis power point Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tidak serta-merta mengajarkan dengan pendekatan metode ceramah. SMK Negeri 11 Malang multimedia belum sepenuhnya digunakan yang mengakibatkan kegiatan teori di dalam kelas kurang diminati oleh siswa dan penggunaan elektronik seperti komputer dan android masih belum di maksimalkan maka dari itu pengembangan media interaktif pembelajaran memungkinkan semua teks gambar video audio masuk ke dalam media interaktif. Dengan media interaktif siswa akan lebih aktif untuk belajar bulutangkis. Tujuan penelitian dan pengembangan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan aplikasi power point . Metode Penelitian ini menggunakan model pengembangan William W.Lee Diana L. Owen (2004) yaitu dengan tahapan need assessment front-end analysis desaign development implementation evaluation. teknik analisis bersifat kuantitatif yang didapatkan dari penyerahan angket dan kualitatif yang didapatkan dari saran kritik dan pendapat. Hasil Pengembangan menunjukkan hasil ahli media sebesar 90% dan 94% ahli materi 82% dan 83% ahli bulutangkis 82 46% dan 82 31% (4) uji kelompok kecil 73 1% 77% (5) uji kelompok besar 81 06% 82 3%. Simpulan untuk pengembangan penelitian ini adalah penggunaan media interaktif sangat sesuai untuk pembelajaran teori di kelas dan memungkinkan siswa tidak merasa bosan dengan adanya kegiatan teori tentang materi bulutangkis. Saran untuk pengembangan yang akan datang sebaiknya desain media harus sesuai kebutuhan peserta didik serta perlu dikembangkan lagi agar pembelajaran berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87036

Actions (login required)

View Item View Item