ADA ETIKA BUKAN CUMA LOGIKA (Analisis Budaya Organisasi Pustakawan Perpustakaan Pusat Universitas Gadjah Mada, Indonesia)

Chamidah, Nurul and Supriyanto, Wahyu (2018) ADA ETIKA BUKAN CUMA LOGIKA (Analisis Budaya Organisasi Pustakawan Perpustakaan Pusat Universitas Gadjah Mada, Indonesia). In: Seminar Nasional Prodi Ilmu Perpustakaan UM Literasi Digital dari Pustakawan untuk Merawat Kebhinekaan, 10 Oktober 2018, Universitas Negeri Malang.

[img] Text
1.pdf

Download (298kB)

Abstract

Budaya organisasi adalah nilai-nilai atau norma yang diyakini bersama oleh para anggota organisasi dan berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan kinerja hingga menjadi suatu karakteristik yang khas bagi suatu organiasasi hingga memberikan perbedaaan dengan organisasi lainnya. Budaya organisasi mudah ditemukan dalam setiap organisasi atau instansi. Hal ini berlaku pula dalam pengelolaan Perpustakaan Pusat Universitas Gadjah Mada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian pada budaya organisasi yang diterapkan di Perpustakaan Pusat Universitas Gadjah Mada. Konsep budaya organisasi yang digunakan merujuk pada 3 (tiga) level organisasi menurut artefak,nilai,dan asumsi dasar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi di Perpustakaan Pusat Universitas Gadjah Mada baik yang diterapkan oleh pustakawan maupun pemustaka memiliki nilai-nilai keUGM-an dan budaya ketimuran Indonesia. Nilai kuat dalam memandang bahwa budaya pendidikan mengharuskan implementasi sikap hormat terhadap institusi atau lembaga berupa etika penampilan yang santun. Kata kunci: budaya organisasi, etika profesi, perpustakaan pusat UGM, nilai, budaya ketimuran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > Prosiding Prodi Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:01
Last Modified: 10 Oct 2019 03:01
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/870

Actions (login required)

View Item View Item