Pendapat guru tentang pemanfaatan media instruksional dalam pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar se gugus II Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan <BR>oleh Dyna Anggrahini

Anggrahini, Dyna (2003) Pendapat guru tentang pemanfaatan media instruksional dalam pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar se gugus II Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan <BR>oleh Dyna Anggrahini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK AnggrahinDi,y na.2 003.P endupatG uru T'entanPg emanlaataMn edial nstuksional DalamP embelularanI PA Kelas V SekolahD usur Se (.'ittgusII Kec'amatan LamongaKn abupatenL amonganS. kripsi.J urusanT eknologtP endidikanF IP UniversitaNse geriM alangP. embimbing(:1 ) Drs.S adaruddin(2, ) Drs.H . Zainul Abidin, M. Pd. Katak unci:P emant-aataMn.e dia lnstruksional.P embelararaInP A Mediai nstruksionaml erupakans alahs atuf aktorp enlingu ntukm embantu memudahkapnro sesp embelajaranS.e orangg urud ituntutm ampum emanfaatkan mediain struksionayla ngd isediakans ekolaha taupunm embuats endiri. Disamping itug uruh arusm emiliki pengetahuadna nk etrampiland alamm ernilihm edias esuai dengatnu juany anga kand icapai.T ujuanp enelitranin i adalahu ntukm endeskripsikan latabr elakanpge ndidikand anp engalamayna ngd iperolehg uru,j enis media instruksionayla ngd imanfaatkang uru,f iekwensi pemanfaatamn edia,f aktor yang mendasagrui rud alamp emanfaatamn edia,k riteria pemilihanm edia,p ola pemanfaatrmaend rap, rosedurp emanfaatamn edia,k, esulitany angd ihadapig uru,d an usaha-usayhaan gd itempuhg uruu ntukm engataski esulitand alamp emanfaatan mediain struksionadla lamp embelajaraInP A kelasV sekolahd asarS eG ugusl I KecamalaLna rnonganK abupatenL amongan. Pendekatapne nelitiany angd igunakana dalahp enelitiand eskriptifkuantitatif dengamn enggunakaann gketd and okumentassie bagami etodep engumpudl ata Analisisd atay angd igunakana dalaht eknika nalisisd eskriptifdenganru mus prosentase. Hasill ang diperolehd alamp enelitianin i adalahs ebagabi erikut(: 1)Latar belakanpge ndidrkante rakhirg uni kelasV seg ugusl I Lamonganb er4azahs arlana, danp engalamamn enga1arnydaib awahl 5 tahun;( 2) Jenism ediay angd imanfaatkan hampirs eluruhnybae rupaL rukup aket,p apant ulis, lingkungana lam,s ketsa/bagan, torsob, ukup enunjangK, IT IPA, lensa,d ank atrol;( 3) Frekwenspt emanfaatamn edia instruksionaklu rang,s ebahs ebagianb esarg urum enggunakamn edia 1 kali seminggu(4; ) Faktory angm endasargi urud alamp emanlaatamn ediay aitu dari dalamd anl uar sepertki etentuan-ketentuamne, mbangkitkamn otivasis iswa,d an berusahma embuavt ariasib elajara gars iswat idak bosan;( 5) Knteria pemilihan medrajn struksionayl angd ipilih oleh sebagianb esarg uruy aitu kesesuaiatnu juan pembelajarayna ngi ngin dicapaid enganb erpedomapna daT IK/TIU; (6) Pola pemanfaatamne diai nstruksionadl i kelasd igunakans ebagianb esarg urua dalahp ola pembela.;argaunr ud ibantua latb antum edia;( 7) Dalamm empergunakamne dia instruksionasl eluruhg urus elalum elakukanp ersiapanS. elamap emanfaatamn edia hampirs eluruhg urum enjawabk adang-kadanmg engkaitkanp elajarany angl alu, menyampaikatno pik dant ujuan,s ertam enyampaikamn ateri.S ebagatia hapt indak lanjutd ari pemanfaatamn edias ebagianb esarg urus elalum engadakatne s,t ugas, I sebagiabne sarg urup adas aatm empersiapamn ediaa ntarala in mempelajarbi uku petunjukm, empelajantu juan pembelajaranm, enguasami areri dan mencatath al yang pokokK. egiatanp elaksanaanp emanfaatanm edia guru sebagianb esart idak mengalamkie sulitan.S eparuhg uru selalum engalamik esulitand alamk egiatant indak lanjuts epertsi iswak urangm emahammi ateri,s iswam udahl upa,s iswak urang merespodqa ns iswat idak mengeryaka(n9; ) Usaha-usahyaa ngd itempuhg uruu ntuk mengataksei sulitanp adas aatp ersiapanp emanfaatamn ediaa ntarala in mencocokkan mediad enganb ukup etunjuk,b ertanyap adao rangy angm enguasami, encaria spekaspeke mampuayna ngt erkandungd alamT lK, melihatk ondisi media,d ll. Usaha yangd itempuhg uru untuk mengataski esulitank egiatans elamap elaksanaanm edia antaralaimn enyesuaikapno kokb ahasand enganm edia,d ll. Usaham engatasi kesulitanp da saztk egiatant indak lanjut antaral ain memintam enyiapkanm ateri sebelumte s,m enyampaikaknr iteria keberhasilanm, enjelaskatnu gasy angd imaksud terlebihd ahulu,g uru memberikans timulusk epadas isway angb ertanya,d ll. Untuk memeliharfa silitasm edias ebagianb esarg urum enjawabm engembalikamn edia padate rnpata saly aitu didalamk antor. Melihatd ari hasilp enelitiand iatas,m akad isarankank epadak epalas ekolah, Depdiknasd, an guru agard apatmemanfaatkadna n membanfub erkembangnyam edia dalamp embelajaranS.e laini tu bagi penelitis elanjutny4d iharapkand apatd ijadikan babanm asukand alamm eningkatkane fektifitasp rosesb elajarm engajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2003 04:29
Last Modified: 09 Sep 2003 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item