Peningkatan kemampuan berbicara melalui penggunaan media kartu gambar rekreasi pada anak kelompok A TK Negeri Pembina 5 Malang / Lailatul Ramadhani Melia

Melia, Lailatul Ramadhani (2019) Peningkatan kemampuan berbicara melalui penggunaan media kartu gambar rekreasi pada anak kelompok A TK Negeri Pembina 5 Malang / Lailatul Ramadhani Melia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Melia, Lailatul Ramadhani. 2019. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar Rekreasi Pada Anak Kelompok A TK Negeri Pembina 5 Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd., M.Pd (II) Rosyidamayani Twinsari Maningtyas, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Media, Kartu Gambar Rekreasi Bahasa dan berbicara memegang peranan penting dalam kehidupan anak usia dini. Melalui bahasa dan berbicara anak usia dini dapat bersosialisasi dengan orang lain. Kemampuan berbicara tentunya penting dan perlu dilatihkan kepada anak sejak dini, supaya anak dapat mengucapkan bunyi artikulasi untuk mengutarakan isi pikiran dan melisankan sesuatu yang dimaksud. Hasil observasi pada kelompok A1 di TK Negeri Pembina 5 Malang menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak masih belum optimal. Anak belum mampu bercerita 4-5 kata dan mengutarakan pendapat menggunakan kalimat SPOK. 11 dari 15 anak masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan berbicara. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendorong anak agar dapat bercerita sebanyak 4-5 kalimat dan mengutarakan pendapat menggunakan kalimat SPOK. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian Kemmis & Mc Tanggart. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Satu siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi dan perbaikan rencana. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun instrumen pengumpulan data penelitian ini meliputi lembar observasi hasil ketercapaian kemampuan berbicara anak melalui media kartu gambar rekreasi, catatan lapangan, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media kartu gambar rekreasi dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A1 TK Negeri Pembina 5 Malang. Hal ini dibuktikan melalui peningkatan jumlah anak yang sudah tercapai pada pra tindakan 26,66% meningkat menjadi 46,66% pada siklus I. Peningkatan jumlah anak berkembang sesuai harapan pada siklus II mencapai 80% atau meningkat sebanyak 33,34% dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jumlah anak yang sudah tercapai melalui penggunaan media kartu gambar rekreasi meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8612

Actions (login required)

View Item View Item