Penerapan permainan sight word untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A2 di TK Negeri Pembina 5 Malang / Novi Suci Kumala Azmi

Azmi, Novi Suci Kumala (2019) Penerapan permainan sight word untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A2 di TK Negeri Pembina 5 Malang / Novi Suci Kumala Azmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Azmi, Novi Suci Kumala. 2019. Penerapan Permainan Sight Word untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A2 di TK Negeri Pembina 5 Malang. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd, M.Pd., (II) Wuri Astuti, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Permainan Sight Word, Kemampuan Berbicara, Anak Usia 4-5 Tahun. Berdasarkan hasil observasi pada pratindakan di TK Negeri Pembina 5 Malang menunjukkan persentase sebesar 0%, artinya keseluruhan anak belum mampu berbicara dengan lancar dalam mengutarakan sebuah ide, pendapat serta mengungkapkan perasaannya dalam kegiatan bercerita. Faktor penyebab dari permasalahan tersebut dapat dilihat dari aktivitas pembelajaran di area bahasa yaitu sering menggunakan media lembar kerja dan kegiatan pada setiap harinya sama yaitu menebali kata, dan menebali huruf. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan permainan sight word untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A2 di TK Negeri Pembina 5 Malang, 2) menjelaskan bahwa melalui penerapan permainan sight word dapat meningkatkan kemampuan berbicara kelompok A2 di TK Negeri Pembina 5 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan MC.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian kemampuan berbicara anak, lembar wawancara, dokumen foto, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kelompok A2 yang berjumlah 16 anak, 5 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Berdasarkan pelaksanaan siklus I pertemuan 1 dan 2 menunjukkan ketercapaian klasikal dengan persentase sebesar 87,5% pada indikator mengutarakan pendapat kepada orang lain dan persentase sebesar 68,75% pada indikator mengungkapkan perasaan dengan kata sifat. Hasil pelaksanaan pada siklus II menunjukkan ketercapaian klasikal dengan persentase sebesar 87,5% pada indikator mengutarakan pendapat kepada orang lain, dan persentase sebesar 87,5% pada indikator mengungkapkan perasaan dengan kata sifat. Maka dapat diketahui bahwa melalui penerapan permainan sight word dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A2, karena terjadi peningkatan dari pelaksanaan siklus I ke siklus II. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti diantaranya adalah: 1) bagi guru, 2) bagi lembaga, dan 3) bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8611

Actions (login required)

View Item View Item