Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melukis menggunakan media kelereng pada kelompok B di TK Al-Husna Buring / Muvidatus Shoviah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melukis menggunakan media kelereng pada kelompok B di TK Al-Husna Buring / Muvidatus Shoviah

Shoviah, Muvidatus (2019) Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melukis menggunakan media kelereng pada kelompok B di TK Al-Husna Buring / Muvidatus Shoviah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Shoviah Muvidatus. 2019. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Melukis menggunakan Media Kelereng pada Kelompok B di TK Al-Husna Buring. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Made Seken M.Pd. (II) Leni Gonadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Motorik Halus Melukis Media Kelereng Hasil observasi pada kelompok B1 di TK Al-Husna Buring Kota Malang menunjukkan bahwa perkembangan keterampilan motorik halus anak tergolong belum berkembang optimal. Anak kesulitan pada saat mewarnai objek gambar yang memiliki ukuran kecil. Anak belum mampu mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan secara tepat. Terdapat 12 dari 16 anak kurang optimal dalam mewarnai gambar serta koordinasi mata dan tangan anak dalam mewarnai 8 dari 16 anak kurang optimal dalam ketepatan jari tangan. Rumusan masalah yang peneliti gunakan yaitu 1) bagaimana pelaksanaan kegiatan melukis menggunakan media kelereng untuk meningkatkan keterampilan motorik halus kelompok B TK Al-Husna Buring Kota Malang dan 2) apakah kegiatan melukis menggunakan media kelereng dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada kelompok B TK Al-Husna Buring Kota Malang Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian bersiklus yang dikembangkan oleh Kemis MC.Taggart. Penelitian ini menggunakan pola kolaborasi antara peneliti dan guru. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan refleksi dan perbaikan perencanaan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 di TK Al-Husna Buring dengan usia 5-6 tahun. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan melukis menggunakan media kelereng pada kelompok B1 TK Al-Husna Buring. Perbaikan pada siklus II dilakukan dengan mengganti kertas yang disesuaikan dengan tema dan kegiatan melukis berpindah ke ruang perpustakaan yang lebih luas. Perubahan yang dilakukan dapat meningkatkan keterampilan motorik dari pra tindakan ke siklus II terjadi peningkatan pada aspek penilaian pertama sebanyak 62 5% menjadi 81 5% aspek penilaian kedua sebanyak 75% menjadi 100% aspek penilaian ketiga sebanyak 31 5% menjadi 81 25%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah keterampilan motorik halus anak meningkat melalui kegiatan melukis menggunakan media kelereng. Peneliti memberikan saran bagi guru kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat memberikan manfaat dalam penerapan kegiatan melukis menggunakan media kelereng selanjutnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8610

Actions (login required)

View Item View Item