Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mozaik menggunakan bahan biji-bijian untuk kelompok B di TK Al-Husna Buring / Emmalia Marta Hapsari

Hapsari, Emmalia Marta (2019) Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mozaik menggunakan bahan biji-bijian untuk kelompok B di TK Al-Husna Buring / Emmalia Marta Hapsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Hapsari, Emmalia Marta. 2019. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mozaik Menggunakan Bahan Biji-Bijian Untuk Kelompok B di TK Al-Husna Buring. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Made Seken, M.Pd., (II) Wuri Astuti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Motorik Halus, Mozaik, Biji-Bijian Hasil observasi pada kelompok B2 di TK Al-Husna Buring Jl. KH. Malik Dalam, Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak belum berkembang optimal. Anak belum mampu menggerakkan tangan dan koordinasi matanya dengan tepat. 12 dari 16 anak mengalami kesulitan dalam mengembangkan keterampilan motorik halus dalam kegiatan mozaik. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan kegiatan mozaik menggunakan bahan biji-bijian untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B2 di TK Al-Husna Buring? dan (2) Adakah peningkatan motorik halus melalui kegiatan mozaik menggunakan bahan biji-bijian anak kelompok B2 di TK Al-Husna Buring?. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian bersiklus yang dikembangkan Arikunto. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, satu siklus dilaksanakan 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 di TK Al-Husna Buring, Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Desain pola mozaik dibuat sesuai tema pembelajaran yang digunakan. Pada siklus II desain pola gambar dibuat menonjol beberapa bagian agar memudahkan anak saat mengoles lem dan menempelkan biji-bijian sesuai instruksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan mozaik menggunakan bahan biji-bijian dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B2 TK Al-Husna Buring. Hal ini dibuktikan melalui hasil penilaian keterampilan motorik halus pada pra tindakan 25% meningkat menjadi 31,25% pada siklus I dan meningkat sangat baik pada siklus II mencapai 81,25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan mozaik dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Saran untuk guru yaitu meningkatkan motorik halus melalui berbagai kegiatan yang menarik dan memotivasi anak dalam mengembangkan keterampilan motorik halusnya secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8609

Actions (login required)

View Item View Item