Penerapan permainan lompat ceria untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak usia dini pada kelompok B di TK PKK 3 Gunungsari Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Lailatul Magfiroh

Magfiroh, Lailatul (2019) Penerapan permainan lompat ceria untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak usia dini pada kelompok B di TK PKK 3 Gunungsari Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Lailatul Magfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Magfiroh, Lailatul. 2019. Penerapan Permainan Lompat Ceria untuk Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK PKK 3 Gunungsari Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Skripsi Prodi S1ÔÇôPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Retno Tri Wulandari, S.Pd., M.Pd., (II) Rosyi Damayani T. M., S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Fisik Motorik, Permainan Lompat Ceria, Motorik Kasar Hasil observasi pada kelompok B di TK PKK 3 Gunungsari Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan menunjukkan bahwa keterampilan motorik kasar anak belum berkembang secara optimal. Faktor penyebab belum berkembangnya kemampuan fisik motorik kasar anak yaitu: proses pembelajaran yang hanya cenderung mengembangkan kemampuan kognitif dan bahasa serta kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan fisik motorik kurang variatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan permainan lompat ceria untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan fisik motorik kasar anak kelompok B di TK PKK 3 Gunungsari Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan melalui permainan lompat ceria. Rancangan penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Arikunto. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, setiap siklusnya dilakukan sebanyak dua kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak usia 5ÔÇô6 tahun kelompok B TK PKK 3 Gunungsari Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Penerapan permainan lompat ceria pada kelompok B TK PKK 3 Gunungsari mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar anak dengan indikator kekuatan, keseimbangan, koordinasi, kelentukan, dan kelincahan. Permainan lompat ceria terdiri dari lima kegiatan berangkai. Peningkatan kemampuan fisik motorik kasar anak dari pratindakan hingga pelaksanaan siklus II dengan indikator kekuatan meningkat mencapai 55,6%; keseimbangan meningkat mencapai 77,7%; koordinasi meningkat mencapai 77,8%; kelentukan meningkat mencapai 66,7%; dan kelincahan meningkat mencapai 66,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan lompat ceria dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak. Peneliti memberikan saran bagi sekolah yaitu sebaiknya menunjang keberhasilan anak dengan menyediakan media pembelajaran, bagi guru atau pendidik sebaiknya mampu menciptakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak, dan peneliti lain sebaiknya mampu mengembangkan serta meningkatkan aspek perkembangan anak melalui permainan lainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8608

Actions (login required)

View Item View Item