Penerapan gerak dan lagu "Bangun Pagi" dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 5 Kota Malang / Riza Aprilia Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan gerak dan lagu "Bangun Pagi" dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 5 Kota Malang / Riza Aprilia Kusuma Wardani

Wardani, Riza Aprilia Kusuma (2019) Penerapan gerak dan lagu "Bangun Pagi" dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 5 Kota Malang / Riza Aprilia Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Wardani Riza Aprilia Kusuma. 2019. Penerapan Gerak dan Lagu Bangun Pagi dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina 5 Malang. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. I Made Seken M.Pd. (II) Rosydamayani Twinsari Maningtyas S.Psi. M.Pd. Kata Kunci Gerak dan Lagu Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Hasil observasi saat dilakukan pra tindakan di TK Negeri Pembina 5 Malang menunjukkan bahwa kegiatan motorik kasar yang diterapkan adalah senam mars Pembina dan permainan sirkuit di dalam kelas. Berdasarkan hasil pengamatan hasil yang diperoleh anak belum mencapai optimal yaitu dari 16 anak 9 anak belum menunjukkan perkembangan motorik kasar. Khususnya unsur kebugaran jasmani yaitu kelentukkan kekuatan keseimbangan ketepatan kelincahan koordinasi dan daya tahan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan gerak dan lagu Bangun Pagi dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 5 Malang 2) untuk mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun melalui penerapan kegiatan gerak dan lagu Bangun Pagi di TK Negeri Pembina 5 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model dari Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan dan pengamatan refleksi dan perbaikan rencana. Pelaksanaan penelitian ini dalam setiap siklus adalah tiga kali pertemuan dengan durasi waktu 15 menit termasuk persiapan intro dan ending. Subjek penelitian ini adalah kelompok A2 yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian setelah melaksanakan siklus I dengan tiga kali pertemuan masih menunjukkan dibawah standar ketercapaian yang diharapkan oleh peneliti yaitu 37 5%. Hasil siklus II menunjukkan 87 5% dengan kategori sangat tercapai. Proses pelaksanaan kegiatan di lapangan adalah sebagai berikut guru menyiapkan anak untuk berbaris di depan kelas berjalan sambil membentuk lingkaran dan menyanyikan lagu Bangun Pagi anak melalukan gerakan intro lalu dilanjutkan guru mencontohkan gerakan Bangun Pagi lalu anak mengikuti kegiatan gerak dan lagu diakhiri dengan pendinginan merentangkan tangan dan menarik napas dan dilanjutkan dengan refleksi.. Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan kegiatan gerak dan lagu Bangun Pagi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Saran yang diberikan oleh peneliti bagi guru adalah untuk menerapkan kegiatan gerak dan lagu Bangun Pagi pada awal sebelum masuk pada kegiatan inti secara berulang-ulang agar anak lebih luwes dalam bergerak. Saran bagi peneliti berikutnya adalah untuk mempertimbangkan tempat pelaksanaan kegiatan agar anak lebih fokus dan penambahan properti pada gerakan intro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8606

Actions (login required)

View Item View Item