Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan sirkuit terowongan geometri pada anak kelompok A di TK Kartika Bojonegoro / Novi Dyah Ayu Putri

Putri, Novi Dyah Ayu (2019) Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan sirkuit terowongan geometri pada anak kelompok A di TK Kartika Bojonegoro / Novi Dyah Ayu Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Anggraeni, D.K. 2019. Menentukan Strategi Pemasaran Produk Tenun Ikat ATBM Melalui Analisis SWOT (Studi Kasus Pada UKM Tenun Ikat ATBM ÔÇ£Telaga SariÔÇØ Trenggalek). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si. Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran Tenun Ikat ATBM ÔÇ£Telaga SariÔÇØ merupakan salah satu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang bergerak pada bisnis produk berupa tenun ikat. Tenun Ikat ATBM ÔÇ£Telaga SariÔÇØ didirikan pada tahun 2015 di Kabupaten Trenggalek. Tenun Ikat ATBM ÔÇ£Telaga SariÔÇØ memiliki output kain tenun ikat dengan motif cengkeh khas Trenggalek. Dalam proses menciptakan sebuah strategi pemasaran, Tenun Ikat ATBM ÔÇ£Telaga SariÔÇØ perlu menggunakan analisis SWOT sebagai alat ukur dalam menciptakan strategi pemasaran agar dapat unggul dari kompetitor lainnya. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini karena ingin menentukan strategi pemasaran pada Tenun Ikat ATBM ÔÇ£Telaga SariÔÇØ. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian yang didapat berupa tulisan hasil wawancara dan gambar yang dilampirkan. Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa manusia, yaitu peneliti sendiri. Dalam menjaga keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi data. Tahap penelitian dilakukan mulai dari tahap pra lapangan, penelitian, hingga penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan tiga hasil penelitian yaitu, strategi pemasaran yang digunakan Tenun Ikat ATBM ÔÇ£Telaga SariÔÇØ menggunakan 4P, yaitu, strategi produk, harga, lokasi, dan promosi. Berdasarkan analisis faktor internal dan eksternal dari Tenun Ikat ATBM ÔÇ£Telaga SariÔÇØ ditemukan masing-masing 5 poin kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Strategi pemasaran Tenun Ikat ATBM ÔÇ£Telaga SariÔÇØ berdasarkan analisis SWOT adalah dengan menggunakan alternatif strategi SO. Ada lima alternatif strategi SO, yaitu bekerjasma dengan dinas terkait untuk mengikuti pameran, memberi diskon promosi kepada konsumen, menjadi sponsor di suatu acara, memberi diskon pembelian dalam jumlah besar, dan melakukan penjualan melalui situs dagang online. Peneliti juga memberikan saran dan masukan kepada Tenun Ikat ATBM ÔÇ£Telaga SariÔÇØ Trenggalek sebagai berikut, pemanfaatan media sosial sebagai media promosi harus dimanfaatkan dengan baik, menciptakan inovasi-inovasi baru, melakukan perbaikan tampilan toko dan mendesain ulang kemasan produk, promosi melalui dinas pariwisata, dan merekrut tenaga kerja untuk bidang pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8605

Actions (login required)

View Item View Item