Peningkatan kegiatan meronce dengan bahan tanah liat untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok A di KB Budi Utomo Wonosari Kabupaten Malang / Kiki Nelita Anggun Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kegiatan meronce dengan bahan tanah liat untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok A di KB Budi Utomo Wonosari Kabupaten Malang / Kiki Nelita Anggun Kurniawati

Kurniawati, Kiki Nelita Anggun (2019) Peningkatan kegiatan meronce dengan bahan tanah liat untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok A di KB Budi Utomo Wonosari Kabupaten Malang / Kiki Nelita Anggun Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kurniawati Kiki Nelita Anggun. 2018. Penerapan Kegiatan Meronce Dengan Bahan Tanah Liat Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok A Di KB Budi Utomo Wonosari Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M.Hum (II) Retno Tri Wulandari S.Pd M.Pd. Kata Kunci Meronce Dengan Bahan Tanah Liat Motorik Halus. Keterampilan motorik halus kelompok A KB Budi Utomo Wonosari Kabupaten Malang belum nampak terjadi proses perkembangan motorik halus yang maksimal. Hal itu dibuktikan dengan pengamatan yang dilakukan pada kelompok A di KB Budi Utomo Wonosari Kabupaten Malang didapatkan hasil bahwa keterampilan motorik halus dari 18 anak yang diobservasi terdapat 5 anak tergolong dalam berkembang sesuai harapan 8 anak tergolong dalam mulai berkembang dan 5 anak tergolong dalam kriteria belum berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan kegiatan meronce dengan bahan tanah liat pada kelompokA PAUD Budi Utomo Wonosari Kabupaten Malang (2) mendeskripsikan peningkatan motorik halus anak melalui penerapan kegiatan meronce dengan bahan tanah liat pada kelompok A di KB Budi Utomo Wonosari Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksankan dalam dua siklus terdiri atas (1) perencanaan (2) pengamatan (3) observasi (4) refleksi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian kualitatif adalah berupa deskriptif kualitatif serta dokumentasi sedangkan teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan observasi wawancara dan data kuantitatif yang telah terkumpul nantinya akan dinyatakan dalam bentuk skor. Subjek penelitian berjumlah 18 anak 7 laki-laki dan 11 perempuan pada kelompok A usia 4-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan meronce dengan bahan tanah liat dapat meningkatkan capaian belajar anak kelompok A. Hal tersebut didukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keberhasilan dari siklus I sebesar 44 5 lalu siklus II sebesar 94 5. Dari kedua siklus tersebut skor keberhasilan kelas mengalami peningkatan sebesar 50. Kesimpulannya bahwa penerapan kegiatan meronce dengan tanah liat dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Peneliti memberikan saran bagi guru untuk memperbaiki tindak pembelajaran dan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan revisi terhadap kekurangan yang ditemukan pada refleksi dalam penelitian ini dan mengembangkan aspek perkembangan lain dalam menerapkan kegiatan meronce dengan bahan tanah liat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8604

Actions (login required)

View Item View Item