Peningkatan kemampuan mengenal angka melalui Permainan Kartu Angka (PEKA) pada anak usia 4-5 tahun di TK Pelangi Kabupaten Probolinggo / Yuliya Anggraeni

Anggraeni, Yuliya (2018) Peningkatan kemampuan mengenal angka melalui Permainan Kartu Angka (PEKA) pada anak usia 4-5 tahun di TK Pelangi Kabupaten Probolinggo / Yuliya Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Anggraeni.Yuliya. 2018. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Kartu Angka (PEKA) Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Pelangi Kabupaten Probolinggo. Skripsi. Prodi PG PAUD, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan PraSekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs.Ahmad Samawi, M.Hum, (II) Leni Gonadi,S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Kartu Angka Kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu angka (PEKA) yang diterapkan di Tk Pelangi bukan hanya sekedar kegiatan pembelajaran biasa tetapi anak-anak juga dibiasakan untuk dapat memahami konsep bilangan dengan baik. Kegiatan observasi dilakukan pada kelompok A Tk Pelangi yang terdiri dari 12 anak. Terdapat 4 anak yang sangat antusias saat menjawab pertanyaan guru. Sedangkan 2 anak lebih sering terlihat ngobrol sendiri dan 6 anak yang lainnya terlihat sangat pasif. Tujuan penelitian ini untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metode permainan untuk dapat dijadikan sebagai solusi pada permasalahan yang ditemukan yaitu melalui permainan kartu angka (PEKA) untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian dapat dikatakan berhasil apabila ada peningkatan di setiap siklus Model permainan yang digunakan penelitian yakni permainan kartu angka (PEKA). Peneliti memerlukan sebuah media kartu angka dan benda untuk mendukung kegiatan permainan. Permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A Tk Pelangi Kabupaten Probolinggo. Hal ini terbukti dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang dibuktikan pada siklus I yakni 41,7% menjadi 83,3% pada siklus II. Dalam hal ini permainan kartu angka dapat digunakan sebagai permainan untuk meningkatkan pengalaman kognitif dalam kegiatan belajar anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8603

Actions (login required)

View Item View Item