Nisak, Khairun (2018) Penggunaan media play dough dalam meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B TK Nurul Hikmah Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nisak Khairun 2018. Penggunaan Media Play Dough Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Pada Kelompok B TK Nurul Hikmah Malang. Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ahmad Samawi M. Hum. (2) Leni Gonadi S.Pd. M.Pd. Kata kunci kreativitas media pembelajaran dan play dough Kreativitas sangat penting untuk dikembangkan karena kreativitas memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan anak misalnya dalam prestasi akademik anak. Berdasarkan observasi di TK Nurul Hikmah yang dilakukan pada bulan Februari 2018 ditemukan fakta bahwa hanya ada 3 anak yang mampu mengeksplorasikan kreativitas sesuai keinginannya. Peneliti menggunakan media play dough dalam meningkatkan kreativitas anak di mana play dough jarang digunaka dalam kegiatan belajar maupun dalam bermain. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui tentang penggunaan media play dough dalam meningkatkan kreativitas serta apakah penggunaan media play dough dapat meningkatkan kreativitas. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah tindakan (action research) yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas karenak di TK Nurul Hikmah kurangnya media yang di gunakan dalam meningkatkan kreativitras anak bukan pada input kelas (silabus materi dan lain-lain) atapun output (hasil belajar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggunaan Media Play Dough dalam meningkatkan kreativitas dapat dilakukan dengan memberikan kesempatan pada anak untuk berimajinasi dan mengekpresikannya melalui media play dough. Di TK Nurul Hikmah anakaanak kelompok B telah memiliki kreativitas sesuai harapan dimana hasil penelitian pembelajaran anak mulai pratindakan dan siklus I dalam meningkatkan kreativitas anak yang meliputi dari indikator tentang membuat karya seperti bentuk sesungguhnya denagn menggunakan media play dough pada kelompok B TK Nurul Hikmah Malang yaitu pada saat pratindakan hasil data akhir persentasenya 100% dan siklus I persentasenya 85%. Pratindakan masih menggunakan cetakan dan siklus I tanpa cetakan dan 2) penggunaan media play dough dapat meningkatkan kreativitas hal ini terlihat dari hasil siklus I yang menunjukkan bahwa proses permaninan play dough untuk meningkatkan kreativitas berhasil karena tingkat keberhasilannya adalah 85%. Hasil ini menunjukkan proses pembelajaran dapat dikategorikan sudah tercapai sebab nilai pencapaian belajar suatu kelas dikatakan berhasil jika banyaknya anak yang tercapai lebih dari 70%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa 1) penggunaan Media Play Dough dalam meningkatkan kreativitas dapat dilakukan dengan memberikan kesempatan pada anak untuk berimajinasi dan mengekpresikannya melalui media play dough dan 2) penggunaan media play dough dapat meningkatkan kreativitas. Sehingga saran yang bisa diberikan adalah bahwa guru dan sekolah dapat menggunakan play dough sebagai media pembelajaran guna meningkatkan kreativitas anak didik penggunaan LK dapat disinergikan dengan media-media permainan lain seperti play dough guna menggali kemampuan kreativitas anak. pihak sekolah dan orang tua dapat melakukan pengadaan media permainan play dough ini sebagai alternatif pembelajaran anak baik di sekolah maupun di rumah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8602 |
Actions (login required)
View Item |