Faktor-Faktor Penyebab Anak Tidak Mandiri (Studi Kasus pada MAF Siswa Kelompok B TK Al-Hidayah I Srengat Kabupaten Blitar / Ria Ernita Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-Faktor Penyebab Anak Tidak Mandiri (Studi Kasus pada MAF Siswa Kelompok B TK Al-Hidayah I Srengat Kabupaten Blitar / Ria Ernita Agustin

Agustin, Ria Ernita (2018) Faktor-Faktor Penyebab Anak Tidak Mandiri (Studi Kasus pada MAF Siswa Kelompok B TK Al-Hidayah I Srengat Kabupaten Blitar / Ria Ernita Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin Ria Ernita. 2018. Faktor-Faktor Penyebab Anak Tidak Mandiri (Studi Kasus pada MAF Siswa Kelompok B TK Al-Hidayah I Srengat Kabupaten Blitar). Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Sandy Tegariyani P. S. S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Faktor-Faktor Penyebab Anak Tidak Mandiri. Pada usia 5 sampai 6 tahun seharusnya dapat melakukan kegiatan sendiri yang menjadi tanggung jawabnya seperti mengerjakan tugasnya sendiri sekolah tanpa ditemani makan tanpa disuapi dan berinteraksi dengan lingkungan tanpa bantuan orang tua. Pada kenyataannya masih terdapat anak yang belum mampu untuk melakukan kegiatannya sendiri. Kemandirian sangat penting bagi anak oleh karena itu peneliti ingin mengetahui faktor penyebab anak tidak mandiri agar anak dapat melakukan kegiatannya sendiri dan tampil dengan percaya diri tanpa bergantung pada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan faktor utama penyebab rendahnya kemandirian anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah anak dengan inisial nama MAF berusia 6 tahun berada di kelompok B. Alasan peneliti memilih MAF sebagai subjek adalah rendahnya kemandirian MAF jika dibandingkan dengan teman-temannya. Pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan perilaku dan penyebab kemandirian anak. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Berdasarkan paparan dan pembahasan pada bab sebelumnya peneliti dapat menyimpulkan bahwa kemandirian anak disebabkan oleh lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga selalu membantu anak dalam melaksanakan kegiatannya menyebabkan kepercayaan diri pada anak rendah. Saran untuk orang tua untuk memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan yang sudah menjadi tanggung jawabnya dan memberikan kesempatan agar kemandirian anak dapat berkembang dengan baik. Saran untuk pendidik adalah untuk lebih meningkatkan pembelajaran mengenai kemandirian anak misalnya dengan membuat kegiatan yang memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih. Saran untuk peneliti lain adalah meneliti dua subjek guna membandingkan anak yang mandiri dengan anak yang tidak mandiri untuk mengetahui perbedaan faktor yang mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8601

Actions (login required)

View Item View Item