Hasanah, Az-zahraa Uswatun (2018) Upaya Peningkatan Kemampuan Berbicara Pada Sentra Bermain Peran Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Gita Nanda Kota Malang / Az-zahraa Uswatun Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Uswatun H Az-zahraa. 2018. Upaya Peningkatan Kemampuan Berbicara Pada Sentra Bermain Peran Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Gita Nanda Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd (II) Evania Yafie S.Pd M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Berbicara Sentra Bermain Peran Tindakan Guru. Pengamatan yang dilakukan pada kelompok B TK Gita Nanda Kota Malang diketahui bahwa kemampuan bicara anak belum berkembang optimal. Anak kurang cakap dalam bercerita dan mengungkapkan ide hal ini tampak pada observasi yang dilakukan peneliti bahwa 3 dari 12 anak yang belum cakap dalam bercerita dan mengungkapkan ide. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatnya kualitas pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran yang diterapkan pada sentra bermain peran pada anak kelompok b usia 5-6 tahun di Tk Gita Nanda Kota Malang. (2) Meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Gita Nanda Kota Malang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas (1) perencanaan (2) tindakan dan pengamatan (3) Refleksi (4) memperbaiki perencanaan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diamati meliputi data kecakapan bicara anak yang terdiri dari kecakapan bercerita dan mengungkapkan ide. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 12 anak dengan 4 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan kemampuan berbicara pada sentra bermain peran sangan menunjang dalam hal meningkatkan kemampuan bicara anak. Hal tersebut didukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan yaitu pada siklus 1 pertemuan 1 ketercapaian kelas sebesar 33% pada pertemuan 2 menjadi 50 % pada siklus ke 2 pertemuan pertama ketercapaian kelas mencapai 58 % dan pada pertemuan dua menjadi 75%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa upaya guru meningkatkan kecakapan bicara dengan sentra bermain peran dapat meningkatkan kecakapan bicara anak. Peneliti memberikan saran kepada guru untuk memperbaiki tindak pembelajaran dan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan pemanfaatan Sentra bermain peran untuk meningkatkan aspek perkembangan dan kecakapan yang lain sesuai kurikulum yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8599 |
Actions (login required)
View Item |