Peningkatan Kemampuan Pra-membaca melalui Media Dadu Huruf pada Anak Kelompok B TK An-Nur Kedungkandang Malang / Nur Azizah

Azizah, Nur (2018) Peningkatan Kemampuan Pra-membaca melalui Media Dadu Huruf pada Anak Kelompok B TK An-Nur Kedungkandang Malang / Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

An-Nur Kedungkandang Malang Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. I Wayan Sutama, M.Pd. (II) Evania Yafie, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pra-Membaca, Media Dadu Huruf. Kemampuan pra-membaca anak usia dini perlu dikembangkan karena membaca merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di TK An-Nur Kedungkandang Malang, ditemukan bahwa kemampuan pra-membaca anak kelompok B2 belum optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dipilih suatu media yang tepat untuk meningkatkan kemampuan pra-membaca anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana pembelajaran dengan menggunakan media dadu huruf dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak kelompok B2 TK An-Nur Kedungkandang Malang dan (2) apakah penggunaan media dadu huruf dapat meningkatkan kemampuan pra-membaca anak kelompok B2 di TK An-Nur Kedungkandang Malang. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 di TK An-Nur Kedungkandang Malang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan instrumen berupa lembar observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, foto proses pembelajaran dan RPPH. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media dadu huruf dapat meningkatkan antusias anak, menjadikan anak aktif bertanya dan berani mengungkapkan kata; (2) persentase ketercapaian kelas pada kemampuan pra-membaca anak sebesar 83,3% atau sebanyak 20 anak dengan kriteria banyak dan keterangan tercapai. Peningkatan terjadi sebesar 45,8% dari hasil pra-tindakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) penggunaan media dadu huruf dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak kelompok B2 TK An-Nur Kedungkandang Malang yang mulanya belum kondusif menjadi kondusif, menjadikan anak lebih antusias, aktif, dan berani untuk mengungkapkan kata; (2) kemampuan pra-membaca anak kelompok B2 Tk An-Nur Kedungkandang Malang meningkat dan berkembang optimal setelah pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media dadu huruf. Disarankan kepada guru untuk menggunakan media dadu huruf sebagai alternatif dalam memberikan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pra-membaca anak yang disesuaikan dengan tema dan subtema.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8598

Actions (login required)

View Item View Item