Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Pola Pada Anak Kelompok A1 Di TK Al- Fadholi Kota Malang / Hana Marsa Putri Alifia

Alifia, Hana Marsa Putri (2018) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Pola Pada Anak Kelompok A1 Di TK Al- Fadholi Kota Malang / Hana Marsa Putri Alifia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alifia, Hana Marsa Putri. 2018. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Pola Pada Anak Kelompok A1 Di TK Al- Fadholi Kota Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. I Made Seken, M.Pd (2) Retno Tri Wulandari, S.Pd, M. Pd Kata kunci: Peningkatan kemampuan motorik halus anak, kegiatan menggunting, kelompok A1 Kemampuan motorik halus anak usia dini penting sekali untuk dikembangkan karena aspek ini berperan penting dalam kehidupan sehari- hari. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti TK Al- Fadholi Kota Malang, ditemukan bahwa kemampuan motorik halus anak belum optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dipilih suatu metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Penerapan pembelajaran menggunting pola untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A1 di TK Al- Fadholi Kota Malang, (2) Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Al- Fadholi Kota Malang melalui kegiatan menggunting pola. Penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A1 di TK Al- Fadholi Kota Malang. Komponen- komponen dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan dan prnilaian. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan menggunting pola dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A1 di TK Al- Fadholi Kota Malang. Hal ini terbukti dari ketelatenan dan hasil menggunting anak sesuai dengan pola. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak kelompok A1 mengalami peningkatan dibandingkan dengan pratindakan. Tindakan siklus I persentase ketercapaian kelas mencapai 58,3% atau sebanyak 14 anak dengan keterangan mulai tercapai. Hasil tindakan siklus II menunjukkan persentase ketercapaian kelas 83,3% atau sebanyak 20 anak dengan ketercapaian tercapai. Peningkatan terjadi sebesar 45,8% dari hasil pratindakan. Penelitian ini dapat disimpulkan: (1) penerapan kegiatan menggunting pola dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak; (2) kemampuan motorik halus anak A1 TK Al- Fadholi kota malang meningkat dan berkembang optimal setelah pembelajaran dilakukan melalui kegiatan menggunting. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kegiatan menggunting pola sebagai alternatif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak yang disesuaikan dengan tema dan subtema.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8596

Actions (login required)

View Item View Item