Rahagung, Bery Trio (2018) Upaya meningkatkan kreativitas melalui bermain playdough pada anak kelompok B2 TK Al Fadholi Kota Malang / Bery Trio Rahagung. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahagung Bery Trio. 2018. Upaya Meningkatkan Kreativitas Melalui Bermain Playdough Pada Anak Kelompok B2 TK Al Fadholi Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Usep Kustiawan M.Sn (II) Evania Yafie S.Pd M.Pd Kata kunci kreativitas bermain playdough Kemampuan kreativitas merupakan kemampuan yang harus dimiliki seorang anak untuk memenuhi aspek perkembanganya. Berdasarkan hasil observasi didapatkan fakta kurang nya kreativitas pada anak kelompok B2 TK Al Fadholi kota Malang. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru dan kegiatan seni kurang memberi kesempatan kepada ada anak untuk mngembangkan imajinasinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan dalam meningkatkan kreativitas melalui bermain playdough pada anak kelompok B2 TK Al Fadholi kota Malang (2) mengetahui adanya peningkatan kemampuan anak dalam berkreativitas melalui penerapan bermain playdough pada anak kelompok B2 TK Al Fadholi kota Malang. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas anak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Adapun subjek penelitian adalah anak kelompok B2 TK Al Fadholi kota Malang. Pengumpulan data dilakukan observasi wawancara dokumentasi penilaian anak. Intrumen penelitian yaitu lembar observasi lembar penilaian dan catatan lapangan. Kegiatan analisis data dengan reduksi kategorisasi penyajian data dan penarikan kesimpulan dan refleksi. Data diperoleh dengan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantiatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain playdough dilakukan dengan student center dan anak aktif dalam kegiatan pembelajaran seni dengan imajinasi anak. Pelaksanaan upaya meningkatkan kreativitas anak melalui bermain playdough kelompok B2 TK Al Fadholi kota Malang diketahui data bahwa pada pra tindakan sebesar 37% adanya peningkatan sebesar yaitu 64% siklus I dan pada siklus II naik menjadi 83%. Keberhasilan tindakan siklus II dikategorikan baik dan mencapai ketuntasan. Penilitian disimpulkan bahwa anak sudah mampu mengekplorasi lingkungan sekitar anak. Anak secara aktif melaksanakan kegiatan melalui bermain playdough.Disarankan dalam kegiatan upayakan untuk membebaskan anak mengekplorasi lingkungan sekitar anak seorang guru yang kreatif dan dalam penilaian menggunakan skala sikap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8595 |
Actions (login required)
View Item |