Husna, Mujlauwidzatul (2018) Pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan di TK Al-Fadholi Kota Malang / Mujlauwidzatul Husna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ii ABSTRAK Husna Mujlauwidzatul. 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan di TK Al- Fadholi Kota Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M.Hum (II) Suryadi S.Sn. M.Pd. Kata kunci Membaca Pembelajaran Membaca Membaca Permulaan Pembelajaran tentang membaca merupakan hal yang penting untuk dilakukan sejak dini. Minat baca dapat ditumbuhkan kepada anak sejak usia dini. Pengenalan tentang membaca dilakukan sesuai kebutuhan perkembangan anak usia dini. Melihat pentingnya menumbuhkan minat baca sejak dini sehingga perlu diteliti. Peneliti bertujuan mendeskripsikan pembelajaran membaca melalui permainan anak yang diterapkan di TK AL-Fadholi Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif berupa studi kasus ganda atau multi kasus. Penelitian ini dilakukan di KB-TK Al-Fadholi Kota Malang yang beralamatkan di Jalan Mertojoyo Blok S Nomor 9. Peneliti dalam penelitian ini menjadi alat pengumpul data utama. Sumber data dalam penelitian ini ada pada pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas terhadap anak kelomok B dan kelompok A serta dokumen berupa arsip RPPH jadwal-jadwal yang dibutuhkan dan foto. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi wawancara da dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu siklus model Miles dan Huberman yang memiliki tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui (a) proses penerapan pembelajaran membaca permulaan dilakukan melalui kegiatan bermain yang terintegrasi dengan pengembangan aspek perkembangan lain (b) terdapat kemudahan dalam proses penerapan pembelajaran membaca permulaan melalui bermain dan hambatan pada anak tertentu dalam penerapan pembelajaran membaca permulaan (c) guru telah melakukan tindakan terhadap anak yang mengalami hambatan dalam proses pembelajaran membaca permulaan melalui bermain. Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dilakukan melalui permainan. Lingkungan belajar banyak dipenuhi oleh huruf dan kata agar anak semakin nyaman dengan tulisan. Permainan yang diberikan terintegrasi dengan pengembangan aspek perkembangan lain sehingga anak tidak merasa kegiatan belajarnya selalu membaca. Penelitian menunjukkan kemudahan ketika proses pembelajaran membaca permulaan melalui bermain bagi anak. Hambatan terjadi pada kemampuan anak dan durasi waktu pembelajaran. Hambatan anak diatasi dengan mendampingi anak secara individu. Durasi waktu dibantu dengan memberikan lembar kerja mandiri untuk anak selain kegiatan yang dilakukan bergantian. Penelitian ini memiliki keterbatasan peneliti menyarankan agar mengembangkan penelitian sejenis dengan mendeskripsikan proses pembelajaran membaca melalui metode tertentu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8594 |
Actions (login required)
View Item |