Sari, Desy Citra (2018) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Permainan Jejak Kaki pada Kelompok B TK Mardi Rahayu Kota Malang. / Desy Citra Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Desy Citra. 2018. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak pada Kelompok B TK Mardi Rahayu Kota Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M. Sn (II) Retno Tri Wulandari S.Pd M.Pd Kata Kunci Kecerdasan Kinestetik Permainan Jejak Kaki Anak Kelompok B Bergerak bagi anak merupakan kebutuhan yang apabila tidak diperoleh akan membawa dampak buruk bagi perkembangan fisik dan psikis anak. Anak suka dan butuh bergerak agar mampu tumbuh dan berkembang dengan baik. Anak yang memiliki kecerdasan gerak kinestetik membutuhkan bergerak dan menguasai gerakan perlu diberitugas tugas motorik kasar. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di TK Mardi Rahayu Kota Malang ditemukan bahwa untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak dapat berkembang dengan aktif dan sempurna dengan melakukan permainan jejak kaki dengan melakukan permainan jejak kaki adalah permainan yang mudah kita lihat pada anak yaitu kesukaan mereka untuk bergerak dan tampak tidak bisa diam. Anak yang aktif dan dapat mengeksplorasi dunia sekelilingnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan permainan jejak kaki untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B TK Mardi Rahayu Kota Malang. (2) Apakah penggunaan permainan jejak kaki dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B TK Mardi Rahayu Kota Malang. Rancangan yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis dan MC Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Mardi Rahayu Kota Malang yang berjumlah 12 anak. Teknik Pengumpulan Data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisi Data dimulai sejak pengumpulan data sampai proses penyusun laporan. Analisis dan penelitian tindakan kelas dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan permainan jejak kaki kegiatan meningkatkan kecerdasan kinestetik dapat meningkat dengan baik. Penggunaan Permianan Jejak Kaki ini dapat meningkatkan kecerdasan Kinestetik pada anak. Penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh nilai pada data pratindakan sebesar 33 3% kemudian meningkat pada siklus I pertemuan pertama sebesar 66 6% dan siklus I pertemuan kedua yaitu sebesar 75%. Selajutnya Siklus II sebesar 83 3%. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan sebesar 8 3%. Kesimpulan penelitian bahwa menggunakan permainan jejak kaki tersebut sangatlah bermanfaat bagi anak sehingga dapat mengembangkan fisik motorik kasar pada anak terutama dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak. Saran yang diberikan oleh peneliti kepada guru yaitu kegiatan pembelajaran kecerdasan kinestetik yang dilaksanakan dalam sekolah perlu menggunakan permainan jejak kaki dengan begitu anak anak dapat memingkatkan kecerdasan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8592 |
Actions (login required)
View Item |