Zulfa, Luluk Lidya (2018) Pelaksanaan kegiatan toilet training dan dampaknya dalam kemandirian anak (studi kasus pada anak kelompok B TK Mardi Rahayu Kedungkandang Malang) / Luluk Lidya Zulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zulfa Luluk Lidya. 2018. Pelaksanaan Kegiatan Toilet Training dan Dampaknya dalam kemandirian anak (Studi Kasus Pada Anak Kelompok B TK Mardi Rahayu Kedungkandang Malang). Skripsi Jurusan kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (2) Evania Yafie S.Pd M.Pd. Kata Kunci Toilet Training Kemandirian Kelompok B (Anak Usia 5-6 Tahun) Toilet Training sangat penting bagi kehidupan anak toilet training dapat diberikan kepada anak pada saat anak mulai memunculkan kemandirian. Permasalahan anak dalam BAK dan BAB dapat terjadi karena anak belum dilatih dan belum terbiasa untuk latihan toilet secara mandiri. Pola asuh orang tua yang kurang tepat menjadikan anak belum bisa bertanggung jawab dalam mengurus dirinya sendiri.Fokus penelitian ini yaitu pelaksanaan kegiatan toilet training permasalahan kemandirian anak dalam BAK maupun BAB serta dampak dari permasalahan kemandirian anak dalam BAK maupun BAB. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti sebagai instrumen pengumpulan data. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus yang dilakukan secara intensif mendalam pada suatu permasalahan. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu (1) tahap pra lapangan (2) tahap pekerjaan lapangan (3) tahap analisis data. Subjek penelitian ini adalah satu anak yang berusia 6 tahun di kelompok B TK Mardi Rahayu Kedungkandang Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data interaktif. Hasil temuan sebagai berikut (1) dalam pelaksanaan kegiatan toilet training cara guru menangani permasalahan kemandirian anak dalam BAK dan BAB yaitu melalui kegiatan toilet training dengan menggunakan teknik lisan dan teknik modelling (2) permasalahan kemandirian anak dalam BAK dan BAB karena anak masih bergantung pada orang lain anak masih belum bisa mengontrol dirinya sendiri kesulitan anak dalam membuka kancingnya sendiri dan rasa tanggung jawab yang belum dimiliki oleh anak karena anak belum terbiasa melakukan aktivitasnya sendiri (3) dampak dari permasalahan kemandirian anak dalam BAK dan BAB karena seringnya anak dimarahi sehingga anak takut dalam melakukan aktivitasnya sendiri. Rekomendasi untuk sekolah yaitu sekolah sebaiknya menerapkan aturan tegas bahwa orang tua dilarang untuk menemani anak di sekolah orang tua hanya diperbolehkan mengantar sampai gerbang sehingga selama di sekolah anak tidak bergantung pada orang tua dan mulai menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Memberi pencahayaan ruang kamar mandi yang cukup menghias dinding kamar mandi dengan stiker bergambar agar anak merasa nyaman serta tidak takut untuk pergi ke kamar mandi sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8591 |
Actions (login required)
View Item |