Oktaviani, Eka Larasati (2018) Penerapan metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan pra membaca anak usia 5-6 tahun kelompok B PAUD Amanah Ngajum Malang / Eka Larasati Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Oktaviani Eka Larasati. 2018. Penerapan Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun di Kelompok B PAUD AMANAH Ngajum Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd. M.Pd. (II) Leni Gonadi S.Pd M.Pd Kata Kunci Pra Membaca Metode Multisensori Anak Usia Dini Kemampuan pra membaca merupakan dasar yang berpengaruh pada kegiatan belajar anak di tingkat selanjutnya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Kelompok B PAUD Amanah Ngajum Malang ditemukan bahwa metode pengajaran pra membaca masih belum sesuai dengan kebutuhan dan usia anak. Pembelajaran pra membaca masih menggunakan metode klasikal dan belum memanfaatkan media dan bahan ajar penunjang yang menyenangkan dan menarik. Hal tersebut membuat keaktifan belajar anak menurun sehingga berpengaruh terhadap penurunan kemampuan pra membaca yang dimiliki anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan pra membaca anak dengan penerapan metode belajar yang efektif efisien dan menarik yaitu metode multisensori Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif atau disebut dengan mix methode. Langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut (1) Tahap perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi dan (4) Tahap refeleksi. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada tiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan melalui obsrvasi wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat berupa data peningkatan kemampuan pra-membaca dan data kualitas pembelajaran yaitu keefektifan efisiensi dan kemenarikan pembelajaran. Subjek penelitian ini berjumlah 16 anak usia 5-6 tahun. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pra membaca melalui kegiatan mengeja kata suku kata menyuarakkan huruf dan menyusun kalimat pendek saat penerapan metode multisensori mengalami peningkatan dari tiap siklus. Pada siklus I hasil peningkatan mencapai 56 25% dari ketercapaian pra tindakan 25%. Sedangkan pada siklus II hasil menunjukkan peningkatan mencapai 81 25% melebihi standar ketercapaian yang ditetapkan yaitu 75% untuk tingkat kemampuan pra membaca. Kualitas pembelajaran juga meningkat menjadi lebih efektif efisien dan menarik. Peneliti menyarankan agar pada penelitian selanjutnya metode multisensori dapat diterapkan untuk meningkatkana aspek perkembangan lainnya seperti koginitf sosial emosional fisik motorik seni dan nilai agama moral agar semua aspek perkembangan anak dapat seimbang dan berkembang secara optimal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8588 |
Actions (login required)
View Item |