Peningkatan kemampuan bercerita anak melalui pemanfaatan media panggung lipat pada Kelompok B di TK Al-Fadholi Kota Malang / Yuana Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bercerita anak melalui pemanfaatan media panggung lipat pada Kelompok B di TK Al-Fadholi Kota Malang / Yuana Prasetya

Prasetya, Yuana (2018) Peningkatan kemampuan bercerita anak melalui pemanfaatan media panggung lipat pada Kelompok B di TK Al-Fadholi Kota Malang / Yuana Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Prasetya Yuana.2018.PeningkatanKemampuanBerceritaAnakMelalui PemanfaatanMediaPanggungLipatPadaKelompokBdiTKAl-Fadholi KotaMalang.SkripsiProdiS1 PendidikanGuruPendidikanAnakUsia Dini JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah Fakultas IlmuPendidikan UniversitasNegeriMalang.Pembimbing (1)Drs. UsepKustiawan M.Sn.(II)Suryadi S.Sn. M.Pd. KataKunci MediaPanggungLipat KemampuanBercerita KelompokB Salahsatuaspekyangperludikembangkanpadaanaksejakdiniadalah bahasa.Usiadinimerupakanmasayangpalingtepatuntukmempelajari bahasasecaralebihmendalamselainbahasapertamabagianak(bahasaibu). BerdasarkanhasilpengamatanyangdilakukanpadakelompokB1diTKAl- FadholiKotaMalangditemukanpermasalahanterkaitdengankemampuan berceritaanak. Tujuandaripenelitianiniadalahmendiskripsikantentang pemanfaatanmediapanggunglipatdalammeningkatkankemampuan berceritaanakkelompokBdiTKAl-FadholiKotaMalangsertapeningkatan kemampuanberceritaanakkelompokBdiTKAl-FadholiKotaMalangmelalui pemanfaatanmediapanggunglipat. Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelasdengan subjekpenelitiananakkelompokBusia5-6tahundiTKAl-FadholiKota Malang.Penelitianinimeliputiperencanaan pelaksanaan observasidan refleksi.Teknikpengumpulandatamelaluiobservasi wawancara dokumentasi catatanlapangan.datadiolahdengankuantitatifdan kualitatif. Hasilpenelitiandisimpulkanbahwamediapanggunglipatdapat meningkatkankemampuanberceritaanak.Terlihatdarikecakapananak dalamberceritayangmeningkat.Pembelajarandikelasmenjadilebih menarikdanmenyenangkan.Tahappratindakanmenunjukkanpersentase kemampuanberceritaanaksesuaidengankriteriakeberhasilanyanghanya mencapai24%.SiklusIpertemuanpertamamenunjukkanpersentase kemampuanberceritaanaksesuaidengankriteriakeberhasilanyang meningkatmencapai44%.SiklusIpertemuankeduamenunjukkan kemampuanberceritaanakyangkembalimeningkatmencapai60%.SiklusII menunjukkankemampuanberceritaanaksesuaidengankriteria keberhasilanyangtelahmencapaipeningkatandanmemenuhikriteria ketercapaianyangditentukanyaitu80%. Berdasarkantemuanpenelitiandisarankanagargurusebaiknya memperbaikikekuranganatautemuannegatifdaripenelitianini sehingga anakdapatlebihmerasakankesenangandanketertarikanyanglebihdalam iii kegiatanbelajarnya.Bagilembagadapatlebihmeningkatkansistem pembelajaranyangmengacupadaketerampilanberceritaanakdalam mengasahkemampuanberbahasaanak.Sedangkanbagipenelitiselanjutnya dapatmenggunakanmediapanggunglipatpadacapaianbelajaryangberbeda sesuaidenganindikatorpadakurikulumyangberlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8587

Actions (login required)

View Item View Item