Penerapan permainan loncat alfabet untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak Kelompok A TK Dharma Wanita persatuan gelombang Kabupaten Tulungagung / Meyta Aswinda Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan loncat alfabet untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak Kelompok A TK Dharma Wanita persatuan gelombang Kabupaten Tulungagung / Meyta Aswinda Dewi

Dewi, Meyta Aswinda (2018) Penerapan permainan loncat alfabet untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak Kelompok A TK Dharma Wanita persatuan gelombang Kabupaten Tulungagung / Meyta Aswinda Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Meyta Aswinda. 2018. Penerapan Permainan Loncat Alfabet untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Gombang Kabupaten Tulungagung. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd. (II) Leni Gonadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Permainan Loncat Alfabet Membaca Permulaan Kelompok A Berdasarkan hasil observasi peneliti pada kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Gombang Kabupaten Tulungagung pada Januari 2018 dari jumlah 20 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan yang mampu membaca permulaan hanya 5 anak (25%) dan yang belum mampu membaca permulaan yaitu 15 anak (75%). Peneliti menemukan kurangnya pemahaman anak terhadap pengenalan huruf dan bunyinya anak belum dapat membedakan antara huruf vokal dan huruf konsonan dalam hal menyebutkan kata dengan huruf awal yang sama anak masih kesulitan karena belum bisa menghafalkan huruf alfabet. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain lembar observasi lembar wawancara catatan lapangan dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Pembelajaran dengan menggunakan permainan loncat alfabet dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak. Pada tahap pra tindakan jumlah anak yang berkembang sangat baik dalam kemampuan bahasanya 5 anak dan 15 anak lainnya belum mencapai ketercapaian skor rata-rata sebesar 54 9% sedangkan ketercapaian belajar anak dalam kemampuan bahasa anak pada tahap pratindakan ini mencapai 25% dengan keterangan belum berkembang sangat baik atau kurang. Pada siklus I ketercapaian kelas mengalami peningkatan. Persentase ketercapaian kelas kemampuan membaca permulaan anak pada siklus I pertemuan pertama sebesar 40% dan pada pertemuan kedua sebesar 50% sehingga kriteria ketercapaian kelas sudah ada peningkatan. Pada siklus II pertemuan I ketercapaian kelas sebesar 75% dan pertemuan kedua ketercapaian kelas sebesar 90% sehingga kriteria ketercapaian kelas adalah sangat tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) penerapan permainan loncat alfabet dapat memperbaiki perkembangan bahasa anak 2) permainan loncat alfabet dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Peneliti memberikan saran bagi guru adalah untuk menggunakan permainan loncat alfabet pada proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8586

Actions (login required)

View Item View Item