Noerarini, Narita Rochmawati (2018) Kemampuan guru PAUD dalam memilih dan mengorganisasikan materi pembelajaran seni tari di TK Negeri Pembina 02 Kota Malang / Narita Rochmawati Noerarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Noerarini Narita Rochmawati. 2018. Kemampuan Guru PAUD Dalam Memilih Dan Mengorganisasikan Materi Pembelajaran Seni Tari Di TK Negeri Pembina 02 Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Usep Kustiawan M.Sn (II) Retno Tri Wulandari S.Pd M.Pd Kata kunci Kemampuan Guru PAUD Memilih dan Mengorganisasikan Pembelajaran Pembelajaran Seni Tari Seni tari merupakan salah satu pembelajaran seni yang dapat diterapkan pada pendidikan anak usia dini dan sangat berpengaruh pada perkembangan anak yang ditandai dengan perkembangan motorik kasar dan motorik halus anak pola bahasa dan perkembangan sosial dan emosional anak. Berdasarkan hasil observasi di TK Negeri Pembina 02 Kota Malang ditemukan bahwa TK Negeri Pembina02 Kota Malang telah menerapkan pembelajaran seni tari dan termasuk pada kegiatan intrakulikuler sekolah. Hal tersebut membuat kepala sekolah serta guru berusaha memperbaiki fasilitas serta sistem pengajaran yang diterapkan di TK Negeri Pembina 02 kota Malang. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk menggambarkan dan mendeskripsikan tentang kemampuan guru PAUD dalam memilih dan mengorganisasikan pembelajaran seni tari anak usia dini di TK Negeri Pembina 02 Kota Malang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di TK Negeri Pembina 02 Kota Malang. Subyek penelitian yang digunakan sebagai sumber data adalah 4 guru yang ada di TK Negeri Pembina 02 Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam memilih materi pembelajaran seni tari untuk anak usia dini telah disesuaikan dengan tema dan tahapan usia perkembangan anak. Kemampuan guru dalam mengorganisasikan materi pembelajaran seni tari untuk di kelas guru menerapkan kegiatan gerak dan lagu dan terdapat kegiatan seni tari yang dilakukan setiap hari Jumat secara bersama-sama di lapangan selama 10 menit. Metode yang digunakan saat kegiatan tersebut adalah dengan metode demonstrasi. Para guru juga menggunakan media seperti tape recorder dan sound system untuk menunjang proses pembelajaran seni tari. Kesimpulan yang didapat adalah kemampuan guru dalam memilih materi pembelajaran seni tari untuk anak usia dini dirasa cukup baik dan untuk kemampuan guru dalam mengorganisasikan pembelajaran seni tari juga cukup baik. Saran untuk para guru agar lebih sering melakukan kegiatan gerak dan lagu saat pembelajaran di dalam kelas dan untuk kegiatan seni tari yang dilakukan setiap hari Jumat agar lebih dimaksimalkan lagi dalam proses pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8585 |
Actions (login required)
View Item |