Pengaruh penerapan permainan kotak rahasia terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA 26 Malang / Evinda Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan permainan kotak rahasia terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA 26 Malang / Evinda Novita Sari

Sari, Evinda Novita (2018) Pengaruh penerapan permainan kotak rahasia terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA 26 Malang / Evinda Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sari Evinda Novita. 2018. Pengaruh Penerapan Permainan Kotak Rahasia Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK ABA 26 Malang. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd (II) Leni Gonadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Permainan Kotak Rahasia Kemampuan Mengenal Huruf Usia 5-6 Tahun Kemampuan mengenal huruf merupakan kemampuan mengenali ciri-ciri aksara dalam tata tulis yang merupakan anggota abjad yang melambangkan bunyi bahasa. Anak yang belajar mengenal huruf dimulai dengan bentuk benda dari huruf-huruf tersebut. Berdasarkan hasil penelitian awal di TK ABA 26 Malang ditemukan terdapat seorang anak berinisial OV yang mengalami kesulitan dalam mengenal huruf terdapat anak yang hanya mengenal beberapa huruf vokal saja anak cenderung diam dan menggelengkan ketika ditanya tentang nama huruf yang ditunjuk oleh guru. Tujuan dari penelitian menggambarkan kemampuan mengenal huruf awal anak sebelum diberikan perlakuan menggunakan permainan kotak rahasia kemampuan setelah diberikan perlakuan serta untuk mendeskripsikan pengaruh permainan kotak rahasia terhadap kemampuan mengenal huruf OV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Single Subject Research dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari suatu perlakuan (treatment) yang diberikan kepada subjek secara berulang-ulang dalam waktu tertentu. Teknik analisis data dalam penelitian eksperimen kuantitatif sederhana kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis visual data grafik. Berdasarkan hasil observasi kemampuan awal mengenal huruf anak tertinggi pada baseline (A1) anak mampu mengenal huruf dengan kategori BSH (berkembang sesuai harapan) sebanyak sembilan huruf MB (mulai berkembang) sebanyak satu huruf BB (belum berkembang) sebanyak enam belas huruf dan kemampuan mengenal huruf anak tertinggi pada fase Baseline (A2) setelah diberikan intervensi dengan menggunakan permainan kotak rahasia yaitu anak mampu mengenal huruf dengan kategori BSH (berkembang sesuai harapan) sebanyak dua puluh huruf. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan kotak rahasia dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia 5-6 Tahun dalam penelitian ini subjek penelitiannya adalah seorang anak berinisial OV berusia 5-6 tahun di TK ABA 26 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8583

Actions (login required)

View Item View Item