Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media pop up smart book pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang / Elma Yufanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media pop up smart book pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang / Elma Yufanti

Yufanti, Elma (2018) Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media pop up smart book pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang / Elma Yufanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Yufanti Elma. 2018. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Pop Up Smart Book Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang. Skripsi. Prodi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (2) Eny Nur Aisyah S.Pd.I M.Pd Kata Kunci Media Pop Up Smart Book Kemampuan Membaca Permulaan Membaca permulaan merupakan membaca dini yang diajarkan kepada anak prasekolah. Pembelajaran membaca permulaan mengarah kepada perkataan utuh dan bermakna untuk anak dengan diberikan melalui permainan atau kegiatan yang menarik sebagai perantara pembelajaran. Perkembangan membaca pada anak harus diajarkan secara bertahap mulai dari mengenal huruf mengenal suku kata mengeja mengenal kata dan akhirnya mengenal kalimat. Pembelajaran membaca untuk anak akan lebih efektif jika dibantu dengan gambar pada bacaan anak tersebut. Penggunaan media merupakan alternatif pembelajaran agar lebih menarik hati anak. Penggunaan media Pop Up Smart Book akan membantu anak meningkatkan kemampuan membaca permulaan karena Pop Up Smart Book berisi gambar yang muncul dan bisa membuat anak tertarik jika membacanya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media Pop Up Smart Book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang dan mendeskripsikan mengenai peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media Pop Up Smart Book pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model siklus yang digunakan adalah model siklus Kemmis MC. Taggart yang terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif yaitu peneliti berperan sebagai perencana tindakan pengumpul data dan pelapor hasil penelitian dan kolaborator berperan sebagai pelaksana kegiatan. Penelitian ini dilaksanakan pada 28 orang anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Pop Up Smart Book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak karena peneliti melakukan inovasi kegiatan pada media di setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan hasil rata-rata skor ketercapaian kelas mencapai 83% dari kriteria yang diharapkan yaitu 75%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Pop Up Smart Book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Pada penelitian ini peneliti menyarankan (1) sekolah menyediakan media Pop Up (2) guru menerapkan media Pop Up Smart Book dengan lebih baik (3) peneliti selanjutnya dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan rujukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8582

Actions (login required)

View Item View Item