Penggunaan permainan memancing angka untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan dan lambang bilangan pada kelompok A di TK Mardi Rahayu Kota Malang / Rahmadhani Kuswoyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan permainan memancing angka untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan dan lambang bilangan pada kelompok A di TK Mardi Rahayu Kota Malang / Rahmadhani Kuswoyo

Kuswoyo, Rahmadhani (2018) Penggunaan permainan memancing angka untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan dan lambang bilangan pada kelompok A di TK Mardi Rahayu Kota Malang / Rahmadhani Kuswoyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kuswoyo Rahmadhani. 2018. Penggunaan Permainan Memancing Angka untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok A di TK Mardi Rahayu Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd. M.Pd. (II) Nu Anisa S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Memancing Angka Konsep Bilangan Lambang Bilangan Hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti pada kelompok A di TK Mardi Rahayu ditemukan bahwa dari 11 anak terdapat 8 anak yang pemahamnya terhadap konsep bilangan dan lambang bilangan masih rendah. Rendahnya pemahaman anak terhadap konsep bilangan dan lambang bilangan dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan guru terlalu terfokus menggunakan LKS dan papan tulis. Permasalahan yang terjadi pada Kelompok A di TK Mardi Rahayu membuat peneliti tertarik melakukan penelitian dengan menerapkan permainan memancing angka untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep bilangan dan lambang bilangan. Permainan memancing angka adalah aktivitas yang dapat dilakukan anak TK dan disajikan melalui kegiatan untuk mengambil kartu angka dengan menggunakan tongkat yang tersedia dalam kotak. Pemahaman konsep bilangan dan lambang bilangan dengan menggunakan permainan memancing angka dalam penelitian ini meliputi kegiatan membilang benda 1-10 dan menghubungkan benda dengan lambang bilangan 1-10. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan permainan memancing angka untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan dan lambang bilangan pada Kelompok A di TK Mardi Rahayu Kota Malang (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar anak terhadap pemahaman konsep bilangan dan lambang bilangan menggunakan permainan memancing angka pada Kelompok A di TK Mardi Rahayu Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model siklus dari Kemmis MC Taggart. Penelitian ini dilakukan secara kolaboatif dengan guru kelas Kelompok A di TK Mardi Rahayu Kota Malang. Penerapan permainan memancing angka pada pembelajaran selama proses penelitian terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan dan lambang bilangan. Hasil yang telah diperoleh pada siklus I pertemuan pertaman sebanyak 45 45% dan meningkat menjadi 63 63% pertemuan kedua. Pada siklus II pada pertemuan pertama diperoleh hasil hasil 72 72% dan meningkat menjadi 90 90%. Penggunaan permainan memancing angka membuat anak tertarik dan aktif selama proses bermain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8581

Actions (login required)

View Item View Item