Peningkatan kemampuan mengenal warna melalui permainan puzzle di Kelompok A TK Dharma Wanita Supiturang 01 / Nadya Paramitha Noorciptasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengenal warna melalui permainan puzzle di Kelompok A TK Dharma Wanita Supiturang 01 / Nadya Paramitha Noorciptasari

Noorciptasari, Nadya Paramitha (2018) Peningkatan kemampuan mengenal warna melalui permainan puzzle di Kelompok A TK Dharma Wanita Supiturang 01 / Nadya Paramitha Noorciptasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Noorciptasari Nadya Paramitha. 2018. Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Puzzle di Kelompok A TK Dharma Wanita Supiturang 01. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd. (II) Leni Gonadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Mengenal Warna Permainan Puzzle Kemampuan mengenal warna merupakan bagian dari kemampuan kognitif yang perlu dikembangkan di dalam diri setiap anak. Saat anak belajar mengenal warna saat itu pula anak belajar melatih daya ingatnya. Melalui hasil observasi yang telah peneliti lakukan diperoleh fakta bahwa hanya 6 dari 16 anak yang mampu mengenal warna yang ditunjuk guru dan menyebutkannya dengan tepat. Kemampuan yang dimiliki anak tersebut dirasa belum optimal. Oleh karena itu perlu adanya perlakukan yang khusus berupa suatu permainan tentang warna agar tingkat keberhasilan anak dalam mengenal warna dapat berkembang secara optimal. Adapun solusi untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna anak adalah dengan menggunakan permainan puzzle. Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk mendeskripsikan penerapan permainan puzzle dalam pembelajaran mengenal wwarna bagi anak kelompok A TK Dharma Wanita Supiturang 01. Kedua mendeskripsikan perkembangan kemampuan mengenal warna nak kelompok A TK Dharma Wanita Supiturang 01 setelah diterapkannya permainan puzzle. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus dilakukan dengan 2 siklus tindakan dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi (pengamatan) dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun TK Dharma Wanita Supiturang 01. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas kemampuan mengenal warna melalui permainan puzzle sebesar 86 5% pada siklus I dan 92 5% pada siklus II dengan jumlah anak berhasil sebanyak 15 dari jumlah keseluruhan 16 anak. Pada siklus I kriteria ketercapaian kelas yang diperoleh adalah kriteria berkembang sesuai harapan dan pada siklus II kriteria ketercapaian kelas yang diperoleh adalah kriteria berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran selama dua siklus serta analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa permainan puzzle dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Supiturang 01 Kabupaten Lumajang. Bagi guru hendaknya dapat menerapkan metode dan media yang menarik dan menyenangkan bagi anak agar anak bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah bagi sekolah diharapkan menyediakan fasilitas berupa media pembelajaran yang variatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8580

Actions (login required)

View Item View Item