Upaya guru mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam mengelola pembelajaran di Taman Kanak-kanak Katolik Yos Sudarso Kodya Blitar <BR>oleh Maria Setiowati

Setiowati, Maria (2002) Upaya guru mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam mengelola pembelajaran di Taman Kanak-kanak Katolik Yos Sudarso Kodya Blitar <BR>oleh Maria Setiowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maria, Setiow ati. 2002. Upaya Men gatas t Kenda la-kendsla yang Dihadap i dalam Mengelola Pembelalaran di TK Kqtolik yos Sudarso Kodya B/ltar Skripsi, Jurusan Teknologi pendidikan FIp Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. A.J.E.ToenlioeM, .pd., (2) Drs. Sulthom.M .pd. Kata kunci : Kendala-kendalaM, engelolap rosesp embelajaran Pola interaksi guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar beraneka ragam coraknya, mulai dari kegiatan yang didominasi guru sampai kegiatan mandiri yang dilakukan siswa. Macam-macam pola interaksi dapat digunakan secara bervariassi esuaid engans ituasid an kondisi yang dihadapia gart idak menimbulkan kebosanasne rtam enghidupkans uasanak elas.D ari masalaht ersebutl erdapat kendala-kendalkaa renai tu perlu diketahuik endala-kendalate rsebutd an bagaimana upayag uru mengataski endala-kendalad alarnm engelolap embelajaran. Penelitiani ni mengkajip ermasalahante ntangk endala-kendalad alam rnengelolap embelajarand an upayau ntuk mengatasinyak hususnyay ang berkaitan denganp erencanaanp,e laksanaand an penilaianp rosesp embelajaranA. dapunf ujuan darip enelitiani ni adalahu ntuk mengetahuui payag uru TK mengataski endalakendalay angd ihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penentuanlo kasi secaras engajay aitu di TK Katolik Yos SudarsoK odya Blitar. Analisis data rnelalui tahapan reduksi data, display data, kesimpulan dan veriflrkasi. Hasil penelitiani ni menunjukkans uatut emuanb ahwa : Kendala-kendalay ang dihadapig uru TK dalam mengelolap embelajarana nta.rala in : membuatp rogram ker.;am; embagik emampuand enganju mlah mingguan;m enentukana lokasiw aktu; karakteristiks isway ang berbeda-bedak;u rangrya alat permainan;g uru kurang mampum enggunakanm etodey ang bervariasi;t idak semuzgl uru menguasami edia; kesulitan dalam membuat laporan harian untuk setiap siswa. Upaya mengatasinya antaral ain : melakukanp erencarwmy ang lebih baik; memperkirakante mad an sub ternay ang adad i GBPKB-TK selamas atum inggu dan pertimbangank emampuan; mengulang kegiatan di hari lain dengan metode yalg berbeda; memberikau ceritera danp engertianp adaa nak;m enyediakana lat peragas ebelumm enyampaikanm ateri; guru berusaha unfuk menggunakan metode yang bervariasi; banyak belajar, ikut penatarand an dapatp anduand an guru lain; membuata taum enciptakana lat permainan sendiri; penulisan laporan tidak setiap hari tapi seminggu sekali. Berdasarkanh asil penelitian,d ikemukakans arans obagabi erikut : (l) Kepala Sekolahl ebih meningkatkanm otivasi guru dalam mengataski endala-kendalad alam mengelolap ernbelajaradna nm embantup engadaamn ediap embelajaran(2, ) guru mengikuti penataran-penataraknu, rsus-kursusa taupunb elajarl agi guna rneningkatkakne mampuanm ereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item