Studi pengelolaan usaha second clothing "Yes" di Malang / Novita Miranti Dewi

Dewi, Novita Miranti (2020) Studi pengelolaan usaha second clothing "Yes" di Malang / Novita Miranti Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewi, Novita Miranti, 2019. Studi Pengelolaan Usaha Second Clothing “YES” di Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dra. Nurul Aini, M.Pd. (II) Dra. Hapsari Kusumawardani, M.Pd. Kata Kunci : Pengelolaan, Usaha, Second Clothing Second clothing atau yang lebih dikenal dengan pakaian bekas adalah pakaian yang sudah dipakai sebelumnya baik oleh masyarakat luar negeri maupun masyarakat dalam negeri berupa kaos, kemeja, celana, jaket, dan lain sebagainya. Second clothing/pakaian bekas yang beredar di Indonesia ini memiliki peminat yang cukup tinggi, dikarenakan harga yang ditawarkan jauh lebih murah dan memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan pakaian baru yang diproduksi oleh masyarakat lokal. Salah satu toko/outlet yang menjual pakaian bekas di Malang adalah outlet “YES”. Fokus penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan usaha second clothing “YES” di Malang yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Narasumber yang diwawancara terdiri dari pemilik usaha, dua karyawan, dan tiga konsumen outlet “YES”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa : 1. Perencanaan meliputi: a) lokasi usaha dimana pemilik menentukan lokasi usahanya b) keuangan atau modal diperoleh dari meminjam uang di bank c) tenaga kerja yang terdiri dari kriteria/syarat untuk berkerja di outlet “YES” d) penentuan harga yang sesuai dengan kualitas pakaian e) pemasaran yang dilakukan dengan dua cara yaitu offline dan online, 2. Pelaksanaan meliputi: a) lokasi outlet “YES” yang strategis dan mudah dijangkau oleh semua orang b) keuangan dikelola dengan baik karena laporan keuangan dibuat oleh dua orang yaitu pemilik dan karyawan c) tenaga kerja terdiri dari dua orang karyawan, jam kerja ada dua shift yaitu part time dan full time, dan libur dua kali dalam seminggu d) harga dan kualitas yang diberikan cukup terjangkau untuk semua orang khususnya untuk remaja e) pemasaran outlet “YES” melalui offline berupa outlet yang berada di Mall Dinoyo City Malang dan online melalui instagram, 3. Evaluasi meliputi: a) lokasi usaha sudah cukup strategis dan mudah dijangkau oleh semua kalangan karena terletak di salah satu mall yang ada di Kota Malang b) keuntungan yang diperoleh yaitu 30% dari pendapatan c) tenaga kerja yang sangat baik dan ramah serta konsumen diperlakukan layaknya seorang teman d) harga terjangkau dan sesuai dengan kualitas pakaian terlihat dari pelanggan yang kebanyakkan remaja e) pemasaran yang dilakukan melalui berbagai macam mulai dari promosi mulut ke mulut, mendesain outlet seunik mungkin, sampai dengan melalui sosial media. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan yang dilakukan oleh outlet “YES” dapat dikatakan sudah cukup baik. Namun perlu ditingkatkan lagi pada sasaran kalangan yang tidak hanya pada remaja dan dewasa saja melainkan anak-anak juga, pemasaran secara online yang kurang memanfaatkan semua fasilitas internet, dan evaluasi yang seharusnya dilakukan yaitu pemilik usaha harus mengikuti trend pakaian yang sedang digemari masyarakat agar usahanya dapat berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85798

Actions (login required)

View Item View Item