Pengembangan media animasi berbasis sparkol videoscribe pada materi pembuatan pola celana pria di SMK Negeri 1 Batu / Nila Kusumaningtyas

Kusumaningtyas, Nila (2020) Pengembangan media animasi berbasis sparkol videoscribe pada materi pembuatan pola celana pria di SMK Negeri 1 Batu / Nila Kusumaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kusumaningtyas, N. 2019. Pengembangan Media Animasi Berbasis Sparkol VideoScribe pada Materi Pembuatan Pola Celana Pria di SMK Negeri 1 Batu. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Nur Endah Purwaningsih, M.Pd. (II) Dra. Hapsari Kusumawardani, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan media animasi, sparkol videoscribe, pola celana pria Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi berbasis Sparkol VideoScribe pada materi pembuatan pola celana pria di SMK Negeri 1 Batu. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE karena memiliki langkah pengembangan yang sistematis, dengan tahapan-tahapan yang sederhana dan rasional, serta dapat dilakukan revisi pada setiap tahapannya sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih baik dan layak untuk menunjang proses pembelajaran. Subjek penelitian pada penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XII Jurusan Busana Butik di SMK Negeri 1 Batu sebanyak 26 siswa. Tahapan pengembangan yang dilakukan antara lain: (1) melakukan analisis untuk mengetahui media pembelajaran yang sudah digunakan disekolah. Peneliti menganalisis tiga aspek, yaitu analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis peserta didik. Observasi yang didapatkan yaitu perlunya media baru untuk materi pembuatan pola celana pria guna menunjang kegiatan pembelajaran. (2) Mendesain kerangka media animasi pembuatan pola celana pria yang akan dikembangkan berupa flowchart dan storyboard, (3) Mengembangkan media sesuai dengan rancangan yang telah dibuat sebelumnya. Media terdiri dari halaman utama, materi celana pria, ukuran, dan video tutorial pembuatan pola celana pria dengan durasi waktu 9 menit 29 detik. Peneliti juga melakukan uji validitas oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa untuk memberikan penilaian terhadap media yang dikembangkan. Hasil yang didapat dari validasi ahli materi sebesar 92,7%, validasi ahli media didapatkan hasil sebesar 97,2%, dan validasi ahli bahasa menunjukkan hasil 97,5%. Hasil dari ketiga validasi tersebut menunjukkan kategori sangat layak. (4) Mengimplementasi media dengan melakukan uji coba pada siswa kelas XII Jurusan Busana Butik di SMK Negeri 1 Batu. Hasil yang didapatkan sebesar 92,74% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Tahap yang terakhir yaitu (5) melakukan evaluasi dengan melakukan revisi pada media. Revisi yang dilakukan yaitu memperlambat durasi waktu pada video tutorial. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media animasi yang dikembangkan layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Media yang dikembangkan jelas, mudah dipahami dan mudah untuk dioperasikan, tampilan media yang menarik dapat memotivasi dan menarik minat siswa untuk belajar karena media dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri. Saran bagi peneliti selanjutnya sebaiknya durasi pada video tutorial pembuatan pola celana pria diperlambat agar siswa lebih mudah untuk mengikuti tahapan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85797

Actions (login required)

View Item View Item